Pemerintah Evakuasi Ratusan Warga Terdampak Retakan Tanah di Garut

/ 1 November 2019 / 11/01/2019 02:48:00 PM




GARUT-POLICEWATCH.NEWS-Ratusan warga yang bermukim di Kampung Sukasari, Desa Mekarsari, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, dievakuasi akibat pergerakan tanah yang mengancam wilayah mereka.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengatakan Pemkab Garut mengevakuasi warga kampung tersebut mulai hari ini.

"Hari ini saya perintahkan evakuasi. Kami khawatir terjadi longsor akibat retakan tanah itu," ujar Helmi kepada wartawan di gedung Intan Balarea, Jalan Patriot, Kamis (31/10/2019).

Tim dari Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dikerahkan ke lokasi untuk mengevakuasi warga setempat.

Berdasarkan data yang dihimpun, di Kampung Sukasari terdapat 58 rumah yang dihuni ratusan warga. Beberapa rumah diketahui berada tepat di bawah pemakaman yang retak.

Helmi mengatakan pihaknya mengevakuasi warga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. "Kami evakuasi warga yang bermukim dekat lereng yang tanahnya retak. Retakan tanah di sana sudah cukup mengkhawatirkan," katanya.

Warga dievakuasi ke lokasi pengungsian yang tak jauh dengan Kampung Sukasari. Ada juga sejumlah warga yang memilih pindah ke rumah saudara mereka.

Selain mengevakuasi warga, saat ini Pemkab Garut terjun ke lokasi untuk melakukan pemetaan untuk mengambil langkah selanjutnya.(Usep Ks)


Komentar Anda

Berita Terkini