Petani Desa Pegagan Lor Antusias Ikuti Bimbingan Penyuluhan POSLUHDES

/ 28 Desember 2019 / 12/28/2019 10:25:00 AM




CIREBON, POLICEWACTH,- Bertempat di balai Kantor Desa Pegagan Lor, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon. telah diadakan kegiatan penyuluhan Pos Penyuluhan Tingkat Desa (POSLUHDES) yang diselenggarakan Oleh Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon melalui Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Wilayah Kecamatan Panguragan dan Kecamatan Kapetakan, guna meningkatkan produksi hasil pertanian disejumlah wilayah sebagai upaya Pemerintah Provinsi Jawa Barat, khususnya di wilayah Kecamatan Kapetakan Kab Cirebon. Jum'at (27/12/2019).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Camat Kapetakan Carsono, Kades Pegagan Lor Dra. Hj. Ii Faryani, Petugas dan Kepala Penyuluh Pertanian wilayah Kecamatan Panguragan dan Kapetakan Sanaji, S.P. (Sarjana Pertanian), serta para petani milenial warga Desa Pegagan Lor  sangat antusias ikuti kegiatan bimbingan tersebut, berlangsung lancar dan tertib.

Kepala Penyuluh Pertanian Wilayah setempat SANAJI, S.P.,  mengatakan bahwa Penyuluhan Posluhdes di desa pegagan lor ini merupakan program dari Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat (Jabar), yang namanya Jorkonsusdes. yang mana kegiatan di Desa Pegagan lor ini sebagai File Project, bertujuan untuk bisa menginformasikan kepada masyarakat, khususnya Petani sekitar tentang segala sesuatu yang kaitanya dengan Technologi Informasi Pertanian ini sengaja kita adakan dalam rangka upaya kita untuk menjemput bola, artinya para petani harus siap untuk menerima Informasi Technologi seputar Pertanian, karena itu, dengan kita adakan kegiatan Posluhdes ini diharapkan para petani dapat  meningkatkan  produksifitas hasil pertanian dan meningkatkan roda  perekonomian, khususnya di tingkat desa" ujarnya.

Lebih lanjut, Sanaji menjelaskan kegiatan ini langkah upaya kita akan lebih maksimal lagi dan  bagaimana kita ini harus bisa memberdayakan minat Para petani, khususnya kepada Millenial, sebab saat sekarang ini para petani banyak yang usia lanjut, bahkan mereka rata-rata berpendidikan maksimal Sekolah Menengah Pertama (SMP) ke bawah, katanya, sambungnya, Sanaji mengungkapkan Jadi dengan kita adakan kegiatan penyuluhan ini kita harapkan adanya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), di Wilayah Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, khususnya di Desa Pegagan Lor ini" ungkapnya Sanaji.

Selain itu, tak lupa pihaknya selalu menyampaikan pada para petani setiap jelang masa tanam padi, kita sampaikan tentang  penyuluhan rutin yang kita gelar 1 (satu) Tahun 2 (dua) Kali, yang Poinya adalah kesepakatan bersama tentang waktu sebar bibit padi hingga masa tanam dan perioritas bibit padi yang akan ditanam dan kapan waktu mulai tanam padi, sehingga sekarang ini para petani sudah melakukan persiapan guna bercocok tanam pada musim hujan tahun ini.

"Meskipun kegiatan ini dilaksanakan di Desa Pegagan lor, tetapi cangkupanya se- wilayah kecamatan kapetakan dan semua desapun  melakukan penyuluhan, karena di setiap desa itu, wajib memberikan Informasi kepada para petani agar untuk  bersama-sama dan kompak, dari mulai tanam hingga panen juga sama merata, Karena dengan kita bersama dan kompak minimalnya dapat meminimalisir serangan Hama dan penyakit lainya.

"khusus buat para petani se- wilayah kapetakan, yang kami cintai mudah-mudahan dengan kekompakan para petani di wilayah kecamatan Kapetakan ini, khususnya Desa pegagan lor diharapkanya untuk bisa target produksi di tahun 2020, sehingga bisa mencapai target sesuai  Kementrian Pertanian Republik Indonesia, karena kementrian akan Exsport beras sebanyak 5000 Ton itu targetnya, dan mudah-mudahan bisa tercapai ditahun 2020 akan datang" jelanya.

Ditempat yang sama Kades Pegagan Lor Dra. Hj. Ii Faryani berikan ucapan terimakasih kepada pemerintah pusat, karena Posluhdes ini dari wilayah kecamatan panguragan, dan Kapetakan itu, adanya kegiatan penyuluhan ini hanya ada di Desa pegagan lor. jadi pada intinya Pemdes pegagan lor sangat bersyukur, karena melalui kegiatan penyuluhan Posluhdes ini membuat para petani, khususnya di Desa pegagan lor bisa terbantu, sehingga Posluhdes ini diibaratkan menjadi Doktornya para petani, karena petani bisa langsung berkonsultasi, selain itu, juga dapat mengexpose kegiatan-kegiatan petani dan dapat langsung mengakses sumber informasi (pengetahuan) tentang Pertanian" ungkapnya.

"alhamndulillah berkat bimbingan ikuti kegiatan Posludes ini Kelompok tani di desa pegagan lor Kompak, dan apa lagi sekarang ini mendapatkan bimbingan tehknis yang di bantu oleh pihak penyuluh. Hasilnya dimusim tanam hingga panen tahun 2019 ini Panenya sesuai dengan Target"

Ii Faryani menambahkan, dengan antusiasnya regenerasi petani Millenial ini diharapkan dapat bisa lebih mencintai pertanian, karena para petani mellenial untuk regenerasi akan datang, sehingga bisa menggantikan usia lanjut, dan dapat   melanjutkan serta  meneruskan pertanian, khususnya di Desa pegagan lor ini" pungkasnya Kades Pegagan Lor Dra. Hj. Ii Faryani.


Laporan: Wadira/Surono
Komentar Anda

Berita Terkini