Biar Tenteram, Jauhi 5 Penyakit Hati Ini dalam Menjalani Hidup

/ 27 Februari 2020 / 2/27/2020 12:01:00 AM
Tenor Amin Sutanto


Red , POLICEWATCH,-  Hidup tenteram dan damai adalah dambaan tiap orang.Namun demikian tidak sedikit manusia yang terjebak pada sejumlah penyakit hati yang mampu membuat hatinya menjadi hitam.
Terkadang karena terpengaruh dengan gaya hidup orang lain, seorang manusia dengan cepat bisa terjangkiti penyakit hati seperti dengki. Untuk itu kita perlu untuk menjalani hidup dengan apa adanya dan senantiasa membersihkan hati dari segala noda.
Berikut ini 5 penyakit hati yang harus kita jauhi dalam menjalani hidup ini.
1. Iri melihat kebahagiaan orang lain
Berhati-hatilah jika hati sudah sangat sensitif ketika melihat orang lain senang. Saat momen seperti itu menimpamu, ada baiknya introspeksi diri. Sebab saat itu hatimu sedang terkena penyakit iri.
Tidak sedikit orang mudah menghabisi nyawa orang lain hanya karena perkara iri, hal ini sering kita temui di pemberitaan kriminal yang diangkat di media massa.
Fatalnya, iri lambat laun bisa mengeraskan hati kita. Alhasil kita akan kesulitan untuk mencerna baik buruk akan sesuatu lantaran hati sudah terlanjur kotor.
Untuk itu buang jauh- jauh rasa iri pada orang lain, terlebih saat saudara kita sedang ditimpa kesenangan dan kebahagiaan. Turut berbahagialah dengan apa yang saudara kita peroleh, bukan malah menyiksa diri dengan iri tak berkesudahan.
Ketahuilah, iri tak akan membuat dirimu lebih baik, justru sebaliknya iri dapat menurunkan kualitas hidupmu sebagai seorang manusia.
2. Sombong dengan apa yang kamu miliki
Penyakit hati yang satu ini juga gak kalah horor jika selalu dipelihara. Sombong membuat seseorang lupa diri dan merasa dia sudah lebih tinggi levelnya dibandingkan orang lain.
Sebagai manusia biasa, janganlah memelihara kesombongan dalam diri, sebab yang berhak sombong hanya Sang Maha Pencipta.  Kita sebagai hamba-Nya tentu tak pernah lepas dari khilaf dan dosa. So, kita tidak pantas menyombongkan diri.
Ingatlah, bahwa semua yang kita punya saat ini adalah sementara dan kelak akan kembali lagi kepada-Nya. Yakini bahwa dengan tidak sombong, kamu tengah berupaya untuk terus memperbaiki diri agar senantiasa kerdil di hadapan-Nya.
3. Suka menghasut orang lain untuk berbuat jahat
Menghasut orang untuk berbuat jahat tentu bukan perilaku baik, ini sama saja ikut menzalimi orang lain. Perbuatan ini tentu bukan tindakan terpuji dan akan membuat hati kita terus berpenyakit. Menghasut bukan cara terbaik untuk mendapat perhatian orang lain.
Jangan sampai orang lain bertindak jahat karena termakan oleh hasukanmu sendiri. Hal ini sangat fatal, karena kita berkontribusi membuat hidup orang lain menderita. Jangan ragu lagi untuk bersihkan hati dari penyakit yang satu ini. Niscaya kehidupanmu pun akan tenteram.
4. Memelihara dendam
Penyakit ini juga sangat mengerikan dan tidak pantas untuk dipelihara seorang manusia.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi dendam adalah memiliki keinginan keras untuk membalas orang lain dalam hal ini kejahatan. Untuk itu tidak perlu memelihara dendam, apalagi demi melihat orang lain menderita. Jangan sampai hati kita ternoda hanya untuk menunaikan dendam pada orang lain.
Lebih baik tanam sifat pemaaf dan senantiasa rendah hati. Dengan begitu hati pun terjaga dan jauh dari penyakit  dendam.
5. Kikir
Jangan sampai kita memelihara sifat pelit, sebab ini merupakan penyakit hati yang dapat merusak hidup kita. Sebagai manusia, sudah sepatutnya kita saling tolong menolong, bukan hanya mementingkan ego sendiri dan tidak peduli pada orang lain.
Kikir berarti terlampau pelit sehingga sangat ekstra hati-hati dalam mengeluarkan hartanya, baik itu untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Penyakit seperti ini harus dihilangkan, sebab hidup tak akan tenteram jika memelihara kikir dalam hati.
Ingatlah, kita lahir ke dunia atas izin-Nya dan juga bantuan dari bidan atau dokter, juga orang tua kita. Jadi kita bukan terlahir begitu saja tanpa ada orang lain yang terlibat. Untuk itu sudah seharusnya kita peka untuk membantu orang lain dan menjauhi penyakit kikir ya. 
Demikianlah 5 penyakit hati yang harus kita jauhi, dengan begitu hati pun menjadi damai dan tenteram. Bukankah hidup ini untuk terus menjadi lebih baik dengan selalu introspeksi diri?
Jangan pernah berbangga diri dengan apa yang kita punya hari ini, selalu bercermin, dan akui kesalahan. Karena hal itu merupakan kunci agar hati senantiasa bersih. Dengan begitu, kita bisa menerima kebaikan-kebaikan di sekitar kita. So, yuk selalu jaga hati.
Penulis : Tenor Amin Sutanto

Komentar Anda

Berita Terkini