KERUSUHAN DILAPAS KELAS IIB, JL. BHAYANGKARA, KABANJAHE, KABUPATEN KARO

/ 15 Februari 2020 / 2/15/2020 07:14:00 PM
 
DOK : MPW



Police Watch News Sumatera Utara.Pada hari Rabu ( 12/02/2020 ) Terjadi kerusuhan dilapas kelas IIB diKabanjahe, Kabupaten Karo pada jam 11.35 wib, adapun kerusuhan tersebut terjadi di Rutan Kelas IIB Kabanjahe, Jalan Bhayangkara, Kelurahan Kampung Dalam, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo yang dilakukan oleh Warga binaan Lapas Kabanjahe.

Kejadian tersebut bermula dari adanya perintah kepala Rutan Kabanjahe atas nama SIMSON BANGUN, bahwa warga binaan dengan kasus Narkotika masing masing yaitu berinisial RB, RT, SPB, AP harus diborgol selama 6 hari TMT 10/02 - 15/02/2020, 

Pada saat jam 11.05 wib seorang warga binaan yang berinisial RT tersebut minta ijin untuk ke Kamar Mandi dan memohon kepada salah seorang petugas Sipir Lapas untuk membukakan Borgol yang membelenggu tangannya. Namun permintaan oknum dengan inisial RT tidak mendapakan ijin dari petugas sipir karena harus koordinasi terlebih dahulu dengan Pimpinan lapas. Saat petugas Sipir melakukan koordinasi dengan Pimpinannya terjadilah sebuah kegaduhan yang dilakukan oleh Warga binaan Block B dengan cara melempari petugas dengan menggunakan alat berupa Batu dan diikuti oleh Warga Binaan lainnya sembari bersorak sorak.

Pada saat jam 11.43 wib Petugas gabungan dari Polres Kabupaten Karo dibawah pimpinan Waka Polres Kompol. H.Panggabean, SH tiba di Lapas Kelas IIB Kabanjahe, Kelurahan Kampung Dalam, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara berusaha untuk menenangkan keadaan dan situasi namun, warga binaan lapas tidak dapat meredam emosi amarahnya dan kemudian warga binaan melempari para petugas dengan menggunakan batu dan akhirnya situasipun semakin memanas dan tak terkendali.

Sekira jam 12.00 wib Wakil Kapolres Tanah Karo memerintahkan kepada seluruh Personil dari Batalion 125 Simbisa Kabanjahe dan Kodim 0205 Kabanjahe untuk mengamankan situasi yang sedang memanas diseputaran Lapas Kelas IIB Kabanjahe guna mengantisipasi adanya warga binaan Lapas yang melarikan diri dari lapas. Tapi setelah jam 12.007 wib sudah terlihat kepulan Asap hitam mulai membumbung ke udara diatas bangunan Lapas Kabanjahe yang diduga telah dibakar oleh warga binaan dan diperkirakan api berasal dari Block B tempat dari ke 4 orang warga binaan kasus Narkotika yang sebelumnya di borgol oleh petugas lapas. 

Situasi pun semakin tidak kondusif, Api semakin membesar dan terus membakar sejumlah bengunan. Api pun terus berkobar dan membakar Blok B, Blok Wanita dan Dapur. Sehingga seluruh warga binaan diLapas IIB Kabanjahe selanjutnya dievakuasi melalui pagar tembok belakang Lapas. Dan akhirnya sejumlah warga binaan pun berhasil dievakuasi kePolres Tanah Karo. Dan akhirnya pada jam 14.05 wib kebakaran dapat dipadamkan berkat bantuan kinerja damkar dari Pemkab Tanah Karo ada 5 unit dan water cannon dari Polres Tanah Karo. Adapun jumlah warga binaan yang dievakuasi berjumlah sebanyak 380 orang laki laki dan 30 orang perempuan. Proses evakuasi terhadap warga binaan Lapas kelas II B Kabanjahe, Kelurahan Kampung Dalam, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Tanah Karo sedang berlangsung dan hasil penyelidikan untuk sementara diTKP belum ditemukan adanya warga binaan yang melarikan diri. ( Alex Wijaya )
Komentar Anda

Berita Terkini