Wabup Muba Gencar Sosialisasikan Karhutlabun

/ 10 Agustus 2020 / 8/10/2020 07:40:00 PM
Wakil Bupati Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi gencar sosialisasi
mengingatkan terkait 
Karhutlabun


Muba- POLICEWATCH NEWS- Wakil Bupati Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi gencar sosialisasi mengingatkan warga untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kebakaran hutan, lahan dan kebun (Karhutlabun) memasuki musim kemarau saat ini.

Dapat lihat Wabup Muba saat mengunjungi Desa Epil Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin Minggu (09-08-2020) mengatakan," Kesadaran Dimulai dari diri kita sendiri, jadi saya mengajak dan menghimbau warga untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar," ungkap Beni saat bersilaturahmi sambil melakukan sosialisasi karhutla dihadapan masyarakat Dusun Tangai, Dusun Muara Padang dan Dusun Kembang Umur Desa Epil.

Beni juga memberikan solusi untuk masyarakat yang berencana meremajakan kebun karet dengan cara membuat kelompok tani sehingga bisa masuk dalam program replanting kebun karet dari Pemerintah.“ Kita akan berupaya berkomunikasi dengan pihak terkait untuk bisa memberikan solusi kepada masyarakat dalam membuka lahan untuk berkebun tanpa membakar dalam mencegah Karhutlabun di Muba," Ujarnya.

Beni juga menjelaskan, banyak sekali dampak negatif dan merugikan banyak pihak jika sampai terjadinya kabut asap akibat karhutlabun. "Jika lahan disini dibakar, mungkin disini tidak merasakan dampaknya tetapi daerah yang mendapat kiriman asapnya sangat dirugikan baik dari segi kesehatan maupun ekonomi," Jelas Beni.

Hal senada juga di sampaikan Kepala Desa Epil, Armedi, Kami menyambut baik ajakan dan himbauan yang disampaikan oleh bapak Wabup Muba Beni Hernedi. Dirinya sependapat bahwa salah satu kunci dari pencegahan Karhutlabun adalah kesadaran masyarakat. “Terimakasih Pak Wabup, kami rasa warga Desa Epil akan dapat bekerjasama dengan baik dalam mencegah karhutlabun," Ujarnya.

Di tempat terpisah Ketua Lembaga Gerakan Masyarakat Peduli Lingkungan dan Hutan Suharto saat di temui di kantor Legmas Pelhut Muba mengatakan," Kami sangat setuju langkah jitu untuk mencegah terjadinya Karhutlabun adalah melibatkan peran serta masyarakat setempat. Selain itu mencari solusi langkah apa yang harus di ambil agar masyarakat dapat membuka lahan perkebunan tampa membakar," tegasnya. ( Wahyudi)
Komentar Anda

Berita Terkini