Kejari Muara Enim Menilai Pemkab Muara Enim Kurang Transparan Dalam Penggunaan Dana Refocusing Rp300 Miliar

/ 10 Oktober 2020 / 10/10/2020 07:42:00 AM


dok : mpw

Muara Enim Police Watch News,-  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim dinilai kurang transparan dalam penggunaan dana penanggulangan Covid-19 yang bersumber dari Refocusing Anggaran di tahun 2020 senilai Rp300 miliar.09-Oktober-2020

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Muara Enim, Mernawati, S.H. didampingi oleh seluruh jajarannya saat diskusi Coffee Morning bersama puluhan awak media yang bertugas di Kabupaten Muara Enim, di Ruang Aula R. Suprapto, Kantor Kejari Muara Enim. Jumat (9/10/2020).

“Bahkan saat pertemuan dengan para pihak Pemda, ketika kita bertanya sudah sejauh mana penggunaan dan penyerapan dana untuk penanggulangan Covid-19, jawaban yang kami dapatkan sering tidak nyambung, meleset dari apa yang kami tanyakan,” ungkap Mernawati.

Ditambahkan oleh Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (Kasi Datun) Kejari Muara Enim Belmento, S.H., dari anggaran Refocusing Pemkab Muara Enim sebesar Rp300 miliar tersebut, pihak Pemerintah Daerah (Pemda) baru mengajukan pendampingan anggaran sebesar Rp17 miliar kepada Kejari Muara Enim.

Belmento menjelaskan, ada 7 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Muara Enim yang telah meminta pendampingan, di antaranya Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, BPBD, Dinas PU dan lainnya. Lalu ada 2 OPD yakni Dinas Pendidikan dan PUPR, saat akan dilakukan pendampingan, mereka bahkan sudah 100 persen menggunakan Anggaran

“Apa yang harus kita dampingi kalo anggarannya sudah terpakai. Karena saat melakukan pendampingan, kami harus menelaah dan melakukan pemaparan diawal, jadi kami tolak pendamping tersebut. Bayangkan, dari Rp300 miliar, baru Rp17 miliar yang telah kami lakukan pendampingan, itupun lebih cenderung ke pengadaan barang habis pakai seperti alat medis, masker, disinfektan, dan lain-lain.” jelasnya.

‘Kami juga setiap minggu meminta progres laporan sudah berapa anggaran yang terserap, sampai saat ini kesannya pun agak tertutup,” imbuhnya.

(Tim MPW ME)

Komentar Anda

Berita Terkini