Ribuan Masa Demo Tolak Omnibus Law di Lampung Berujung Ricuh

/ 8 Oktober 2020 / 10/08/2020 01:24:00 AM

 Reporter : Hartawan


Bandar Lampung POLICEWATCH,- Ribuan massa demonstran dari sejumlah elemen yang tergabung dalam Aliansi Lampung Memanggil menggelar aksi long march yang dimulai dari Tugu Adipura menuju Kantor DPRD Provinsi Lampung, Rabu (07/10/2020)

Berdasarkan pantauan awak media di lokasi pukul 09:35 Wib, tampak terlihat puluhan siswa SMK dan SMA yang masih pakai seragam sekolah, ratusan mahasiswa, serta Organisasi Kepemudaan, dan elemen-elemen masyarakat ikut dalam aksi. Mereka menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja.

Salah satu siswa SMK yang ada di Bandar Lampung Ridwan mengatakan, dirinya tergugah untuk bergabung bersama mahasiswa untuk menyuarakan menolak UU Omnibus Law.


“Iya sama teman-teman ikut bergabung untuk menolak Omnibus Law yang telah disahkan. Yang intinya tidak berpihak kepada rakyat,” ujarnya.

Demo massa dari berbagai elemen di Lampung dalam unjuk rasa menolak Omnibus Law di depan Kantor DPRD Provinsi Lampung,  berakhir ricuh.


Massa merangsek masuk ke Gedung DPRD memaksa bertemu anggota dewan yang enggan menemui mereka untuk beraudiensi.

Saat di dalam gedung, aksi kekerasan tak dihindarkan. Fasilitas gedung seperti kaca dan pagar gedung rusak. Massa juga melempari gedung dengan batu, kayu dan benda keras lainnya.

Polisi yang mengamankan terkena lemparan. Terlihat anggota polri terluka akibat lemparan, Petugas gabungan segera menghalau massa. Tiga unit mobil Water Cannon yang disiagakan, langsung dikerahkan menghalau massa yang berusaha kembali masuk ke halaman kantor DPRD Provinsi Lampung.

Gas air mata juga ditembakan ke arah kerumunan massa. Seorang mahasiswa yang terlihat, harus dilarikan ke Rumah Sakit Umum Dadi Tjokrodipo karena terluka di bagian leher.

Hingga saat ini pukul 16.50 WIB, sejumlah mahasiswa masih tetap bertahan meskipun sudah tidak lagi berada di dalam halaman Kantor DPRD Provinsi Lampung. Aparat kepolisian masih terus berjaga dan menghimbau kepada mahasiswa untuk mundur dan membubarkan diri.


Dalam orasinya, perwakilan elemen mahasiswa menyampaikan mosi tidak percaya kepada DPR RI.

"Tahun sebelumnya (2019), kita sudah suarakan juga terkait penolakan terhadap rencana pengesahan UU Omnibus Law. Tapi kenyataannya tahun 2020 ini, malah disahkan menjadi UU. Maka dari itu, kami lemparkan mosi tidak percaya terhadap wakil rakyat DPR," ucap salah seorang mahasiswa, Orator tersebut juga mendesak UU Ciptaker segera dicabut.

Komentar Anda

Berita Terkini