Guna Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa, Penghulu Desa Bagan Nibung Buat Program Koperasi Untuk Masyarakat

/ 19 November 2020 / 11/19/2020 08:38:00 PM

 


Policewatch, Sumatera Utara,-  Memang sangatlah penting untuk membangun dan mengembangkan program koperasi ditengah tengah masyarakat agar kehidupan ekonomi tertata dengan baik dan rapi serta mengajarkan kebersamaan disegala bidang. Memang tak jarang kita temui kelompok kelompok koperasi yang baru mulai membangun mengalami kegagalan karena kurangnya pengontrolan yang efektif dan manajemen yang masih berantakan. 

Oleh sebab itu Kamis (19/11/2020) Penghulu Desa Bagan Nibung, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Bapak Karman mengadakan pembinaan dan penerapan untuk membangun sebuah koperasi untuk masyarakat Desa Bagan Nibung agar perekonomian masyarakat Desa bangkit dan bagus serta terkoordinir dalam hal penataan berkoperasi. Adapun program yang akan diterapkan diantaranya yaitu tentang perikanan, peternakan, dan perkebunan serta tata cara dan penanamannya dikerjakan serta dikontrol oleh Dinas koperasi dan hasilnya dibagi secara merata kepada masyarakat.

Salah satu contoh yaitu tentang hal tata cara meningkatkan hasil produksi lidi sapu yang bahannya dari lidi sawit. Awalnya jika pengerjaannya secara manual maka hasilnya kurang memuaskan dan tidak sesuai, untuk itu mesti ada sebuah mesin untuk dapat membersihkan dan memisahkan antara lidi dengan daun agar hasilnya lebih memuaskan. Juga penanaman pohon jeruk nipis. Ternyata jeruk nipis juga salah satu hasil petani yang punya mutu ekspor dam punya nilai harga jual yang lumayan tinggi. Jika penanaman pohon jeruk nipis tersebut dirawat dengan baik maka hasilnya juga bagus dan perekonomian masyarakat Desa, Bagan Nibung khususnya akan bangkit secara otomatis. Karena harga jeruk nipis tersebut lumayan punya nilai jual yang cukup pantastis dalam perkilogramnya. Dan masih bayak lagi program program koperasi yang lainnya yang dapat mewujudkan ekonomi masyarakat lebih baik lagi. 

Program pembinaan koperasi yang sudah terbentuk dan berbadan hukum itu telah dibuat oleh Penghulu Karman. Maka resmilah koperasi tersebut yang diberi nama KOPERASI RISKY JAYA  BERSAMA untuk dapat segera memperbaiki perekonomian masyarakat sesuai azas kepentingan bersama dengan masyarakat Desa Bagan Nibung, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Acara tersebut langsung diketahui dan dihadiri oleh Kabid Koperasi sebagai utusan kepala Dinas Koperasi Kabupaten Rokan Hilir.

Didalam acara program pembinaan koperasi tersebut yang berhadir adalah, Denny Wahyu, S.Pd, M.Si, Yennie Widiastuti,S.P, Eka Noviadewi, SH. Mereka datang untuk memberikan arahan, himbauan kepada masyarakat Bagan Nibung agar selalu menumbuh kembangkan koperasi ditengah tengah masyarakat luas agar hasil yang didapat juga cukup memuaskan. 

Semoga program pembinaan koperasi yang diberi nama Rizky Jaya Bersama yang dibuat dan akan diterapkan ditengah tengah masyarakat Desa Bagan Nibung khususnya oleh penghulu Karman. Kiranya dapat segera membangun dan meningkatkan tarap ekonomi yang lebih baik lagi terhadap masyarakat Desa Bagan Nibung, Kecamatan Simpang Kanan khususnya. (J. A. Barus, SH).

Komentar Anda

Berita Terkini