Pemuda Inspiratif Desa Mulyo Asih Berwirausaha Dengan Ketahanan Pangan Ternak dan Perikanan

/ 9 Desember 2020 / 12/09/2020 01:26:00 PM

Muba - policewatch.news -
Pemuda merupakan salah satu fondasi penting dalam pembangunan Desa hingga suatu Negara.
Dimana pemuda adalah titik yang memiliki pemikiran yang maju karena mengikuti perkembangan masa kini umumnya dikenal zaman milenial, adapun untuk mengasah kematangan dalam mencari jati diri seharusnya membuatkan wadah agar memiliki dampak positif pada pembangunan sehingga laju pembangunan akan terasa bahkan termotivasi tersendiri bagi pemuda.

Mulyo Asih merupakan Desa yang ada di Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin dukungan yang kuat dari Masyarakat Lembaga Desa BP3K dan Dinas Perikanan serta Dinas Ketahanan Pangan,  hortikultura dan peternakan sehingga terbentuk suatu wadah kelompok atau organisasi yang sudah terdaftar registrasi di Kecamatan dan Kabupaten.
Milenial Mulyo Asih dibentuk pada tanggal 17 November 2020 yang dikukuhkan oleh Kepala Desa setempat Bapak Mujiono dengan pesan" membangun usaha dengan solidaritas yang tinggi akan membentuk usaha besar untuk modal usaha saya siapkan menjadi pendorong semangat penyemangat untuk para pemuda Kelompok Milenial Mulyo Asih baik secara material ataupun tenaga dan pikiran.

Adapun pendamping kelompok milenial Mulyo Asih yakni Bapak Andi Sofian SP sebagai penyuluh dari BP3K mengatakan" saya siap membantu sebagai perantara untuk pengembangan kelompok Milenial Mulyo Asih dalam urusan administrasi di Kabupaten.

Kelompok Milenial Mulyo Asih terdaftar registrasi di Kabupaten Musi Banyuasin pada tanggal 2 Desember 2020 dengan bantuan Korlu Kecamatan Keluang Bapak sunarno SP dengan jumlah anggota 11 orang diketuai oleh saudara Moh Arif Dahnia S.Kom kelompok Milenial Mulyo Asih memiliki gagasan mengenai usaha ketahanan pangan serangga yang memiliki protein tinggi untuk Peternak dan Perikanan.
Hal ini merupakan pakan alternatif yang efektif dan efisien dikarenakan harga relatif lebih murah dan terjangkau Selain itu ketahanan pangan dari Larva serangga dampak positif bagi lingkungan terutama pada pelestarian alam lingkungan rumah tangga karena pemanfaatan limbah organik sebagai pakan pakan Larva serangga.

Kelompok Milenial Mulyo Asih  sudah memproduksi Larva serangga (maggot) dengan skala produksi 3 biopond dari masing-masing biopon lebih kurang 60 kg dan pupuk 5 kg 60 pakan pupuk organik.

Dalam pengembangan atau prospek dengan lahan minimal 2 hektar segala usaha ketahanan pangan Larva BSF (maggot) 100 biopond budidaya ikan, Peternakan dan aqua phonik untuk target Project kedepan.

Pewarta : Yudi
Komentar Anda

Berita Terkini