Jalan Lintas Teluk Lubuk Desa Siku Kecamatan Empat Petulai Dangku, Kabupaten Muara Enim, kondisinya sangat parah.

/ 5 Februari 2021 / 2/05/2021 05:04:00 PM

 



Muara Enim Police Watch News-Setelah dihantam hujan   yang berkempanjangan dalam beberapa hari terakhir ini, keadaan jalan terancam longsor dan ambruk. 


Dari pemantauan wartawan team media , selain jalan lintas di Muara Enim, kondisi jalan lintas Tanah Abang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) juga kondisinya babak belur.

Terkait dua kondisi jalan lintas di dua kabupaten tersebut,  anggota DPRD Sumsel dari Partai Golkar, Ersangkut SPSi, mengatakan pemerintah harus segera memperbaiki kedua jalan lintas di dua kabupaten tersebut.

"Apabila kualitasnya tidak segera ditingkatkan, saya khawatir keadaan jalan akan semakin buruk, bahkan badan jalan bisa ambruk atau longsor," ujar Ersangkut, Jumat (5/2/2021).


Menurut dia, jika pemerintah (pusat dan Pemrpov Sumsel) tidak segera memperbaiki dua jalan itu, maka keadaannya akan semakin parah. "Bahkan bisa ambruk,"  katanya.

Paling tidak, kata Ersangkut, pemerintah harus mencari solisi terbaik agar kedua jalan pintas tidak semakin memburuk dan rusak berat.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi, pemerhati sosial kemasyarakatan dan politik Sumsel, Djoko Siswanto, mengatakan sebelum pemerintah pusat dan Pemprov Sumsel melakukan perbaikan, sebaiknya Pemkab Muara Enim dan PALI harus mencari solusi terbaik.

"Sebab jika tidak pemerintah setempat yang lebih dahulu mengetahuinya,  pemerintah pusat dan pemprov tak memahami perkembangan jalan setempat. Artinya harus dilakukan koordinasi yang baik," kata Djoko yang juga Rektor Universitas Taman Siswa Palembang,  Jumat (5/2/2021).

Jalan, katanya, merupakan sarana sangat penting untuk membuka akses keterpencilan masyarakat. Jika akses jalan terbuka,setidaknya dapat mengembangkan ekonomi kerakyatan yang ada di sekitarnya.

"Saya juga berharap agar pemerintah segera memperbaiki kondisi dua jalan yang keadaannya sudah memprihatinkan," kata Djoko.

Jalan pintas, katanya, merupakan ruang potensial bagi warga untuk mencari nafkah. "Apabila ini terjadi, dampaknya sangat baik bagi pengrmbangan ekonomi kerakyatan. Kondisi dapat mempengaruhi kemajuan ekonomi daerah," ujar Djoko.

Irin. mpw. ME
Komentar Anda

Berita Terkini