TERKAIT ISU KETIDAKTRANSPARANAN DANA DESA, INI KLARIFIKASI KADES SUMBERSARI

/ 9 Februari 2021 / 2/09/2021 11:35:00 AM


Police Watch, Kab. Bandung,-  Sebelumnya ramai di media on line terkait pemberitaan penerapan dana desa yang tidak transparan di desa Sumbersari Kecamatan Ciparay.Isu yang disampaikan ada beberapa poin diantaranya masker, blt desa dan padat karya.

Senin, 8 Pebruari 2021 sekitar pukul 13.05 WIB di ruang kerjanya, Ahmad Munawar S.Pd sebagai kepala desa Sumbersari memberikan klarifikasi terhadap berita tersebut.

" Dengan adanya Covid 19, warga Sumbersari antusias menerima bantuan dari kabupaten, propinsi dan pusat  sekitar 4000 KPM . BLT desa Sumbersari termasuk yang terbesar sekabupaten Bandung yaitu tahap I dengan 269 KPM, tahap II 490 dan tahap III 52 KPM, masyarakat mensyukuri terhadap banyaknya bantuan tersebut," Kata Kades pada MPW. 


Selanjutnya pria berpenampilan sederhana ini menegaskan supaya masyarakat Sumbersari  memahami isi MUSDES. " Kami menetapkan BLT dana desa ini bukan semata-mata keinginan kepala desa bukan juga paksaan dari lembaga yang lain. 

Itu murni dari MUSDESUS yang menentukan ; baik itu jumlah maupun para KPM. Desa tidak ada intimidasi ke RT maupun RW. Sepenuhnya diserahkan kepada RT dan RW. Karena mereka merupakan garda terdepan pelaksana pengayom warga," Jelasnya panjang lebar. Terkait dana masker, dana bencana dan padat karya, Kades ini dengan tenang menerangkan "  Terkait masker, sesuai instruksi dari kecamatan dan kabupaten yang menyerahkan ke lapangannya yaitu Kader dan serentak pembagiannya.

 Untuk bantuan banjir atau bencana, sengaja dititipkan dahulu ke BUMDES karena apa ? 


Kalau sekarang banjir belum terjadi tapi dana tersebut dibagikan nanti kalau suatu waktu banjir datang bantuannya dari mana. 

Saya itu memprogramkan cadangan tersebut ketika banjir melanda, saya tidak harus menelpon BPBD ataupun DINSOS karena sudah dana siap jadi akan lebih cepat penanganannya. Untuk dana padat karya ,di desa Sumbersari terdapat 712 HOK dengan nilai Rp 110 000 per HOK tinggal dikalikan saja pa. 

Semua desa dengan adanya wabah Covid 19 Apbdes mengalami perubahan. Terang Kades Sumbersari mengklarifikasi berbagai isu yang melanda desanya. Diakhir wawancaranya kades Sumbersari menghimbau warganya untuk mentaati prokes.


 " Saya menghimbau ke semua leading sektor yang ada di Sumbersari Rt, Rw, LPMD, BPD dan semua warga. Dengan kondisi sekarang PPKM berbasis Mikro. Kita harus memperketat ; pake masker, jaga jarak, hindari kerumunan dan cuci tangan pake sabun di air yang mengalir. Itu semua untuk memutus tali rantai wabah. 

Mudah2an satu tahun Covid 19 ini cepat berlalu dan wabah pandemi Covid 19 lenyap dari bumi ini," Ucap Ahmad Munawar S.Pd sekaligus menutup wawancaranya dengan POLICE WATCH.Gun 
Komentar Anda

Berita Terkini