TNI- POLRI Sekat Perbatasan Trenggalek dan Ponorogo, Mencegah Pergerakan PSHT Ke Madiun

/ 13 Maret 2021 / 3/13/2021 11:33:00 PM

 


POLICEWATCH.NEWS, TRENGGALEK-Aparat gabungan baik TNI dan Polri memperketat pengamanan dan pengawasan di titik-titik perbatasan wilayah antara Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Hal tersebut guna mencegah pergerakan pesilat untuk menghadiri kegiatan Parapatan Luhur Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) di Madiun.

"Kita bersama-sama perketat penjagaan perbatasan Kabupaten Trenggalek-Ponorogo. Langkah pencegahan tersebut penting untuk antisipasi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, karena adanya pergerakan massa PSHT yang membludak menuju Kota Madiun," ujar Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, Sabtu (13/3/20121).

Selama ini apel kesiapsiagaan telah dilakukan jajaran Polres Trenggalek bersama jajaran Kodim 0806/Trenggalek pada Jumat (12/3/2021).

Setelah usai apel, aparat kepolisian dan TNI dari masing-masing polsek jajaran dan koramil dikerahkan bergilir untuk melakukan penjagaan titik-titik perbatasan antara Kabupaten Ponorogo dengan Kabupaten Trenggalek tepatnya di Kecamatan Tugu, Pule serta Kecamatan Bendungan.

Penyekatan dan pengamanan ini berlanjut hingga Sabtu. Sejumlah personel kepolisian dan TNI yang berjaga di titik perbatasan jalan raya Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu kami tidak segan menghentikan kendaraan roda empat yang dicurigai membawa sejumlah penumpang.

"Secara bergantian kami dari Polsek Pule bergabung dalam pengamanan dengan anggota lainnya secara bergantian 1X24 jam. Untuk hari ini sudah diawali penugasan personel dari (Polsek) Pule," ucap salah satu bintara yang terlibat pengamanan dan penyekatan jalur perbatasan Trenggalek-Ponorogo di Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu.


Kepolisian dari Polsek Dongko Polres Trenggalek ikut ambil bagian dalam kegiatan pengamanan dan penyekatan bersama anggota Kodim 0806 serta Satpol PP di bawah kendali Wakapolsek Tugu Iptu Sunawir yang bertempat di posko check point Bendungan Tugu Trenggalek, jalan Raya Trenggalek–Ponorogo.

Kami akan memeriksa kendaraan yang melintas perbatasan Trenggalek-Ponorogo, petugas gabungan juga memeriksa barang bawaan yang diangkut pengendara, terutama untuk mengantisipasi bawaan benda tajam (senjata tajam), bahan peledak, minuman keras ataupun sejenisnya.

AKP Rohadi selaku Kapolsek Dongko yang juga Perwira Pengendali Wilayah Dongko mengatakan, selain memperbantukan anggotanya untuk melakukan pengamanan di perbatasan Kecamatan Tugu dengan Kabupaten Ponorogo, pihaknya juga aktif melakukan patroli di wilayah Dongko.

"Kami mengimbau kepada masyarakat utamanya warga PSHT untuk tidak melakukan perjalanan ke wilayah Madiun sampai dengan hari Minggu, dan mari kita ciptakan situasi Kamtibmas khususnya di Wilayah Kecamatan Dongko yang aman dan terkendali," kata AKP Rohadi. (dor)


Komentar Anda

Berita Terkini