MPSII Menajamkan Moslem National Onderweijs di Jawa Barat

/ 23 Desember 2021 / 12/23/2021 10:08:00 AM


Garut-POLICEWATCH.NEWS-Pangandaran, 

Majelis Pendidikan Syarikat Islam Indonesia (MPSI Indonesia) Provinsi Jawa Barat telah menggelar Peningkatan Kompetensi Moslem National Onderweijs bagi para Kepala Sekolah, Kepala Madrasah dan Pimpinan Pesantren se-Jawa Barat, pada tanggal 20-22 Desember 2021 di Krisna Beach Hotel Kab. Pangandaran.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan refleksi Milad Syarikat Islam Indonesia ke 116 tahun tingkat wilayah Provinsi Jawa Barat.


Pengurus Wilayah MPSI Indonesia Provinsi Jawa Barat mengundang Wakil Gubernur Jawa Barat KH. Uu Ruzhanul Ulum, S.E. untuk membuka kegiatan. Selain itu, mengundang pula Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Barat Dr. H. Adib, M.Ag., Kapolda Jawa Barat Irjen Drs. H. Suntana, M.Si, dan Anggota Komisi V DPRD Jawa Barat Ade Kaca, S.T. sebagai Narasumber dari kalangan Pemerintahan yang diharapkan dapat bersinergi dalam membangun pendidikan berkualitas yang religius, humanis, dan berwawasan kebangsaan di Jawa Barat.


Ketua Umum Pengurus Wilayah Majelis Pendidikan Syarikat Islam Indonesia Provinsi Jawa Barat, M. Azizi Rois mengatakan bahwa kegiatan tersebut mengangkat tema "Moslem Nationaal Onderweijs" untuk perbaikan generasi bangsa.

"Bonus demografi Indonesia 2035 tidak akan berhasil membangun peradaban Indonesia yang lebih baik, jika generasi mudanya saat ini terpapar degradasi akhlak yang sudah cukup akut. MPSI Indonesia harus hadir kembali menajamkan Moslem National Onderweijs di sekolah, madrasah dan pesantren di bawah naungan  Syarikat Islam Indonesia untuk menyelematkan generasi Indonesia masa depan." kata Azizi, penulis buku Pedoman Super Moslem Nationaal Onderweijs.

Selanjutnya, ia menambahkan "Sistem pendidikan nasional kita saat ini, sesungguhnya harus dikembalikan kepada konsep awal yang digagas oleh Guru Bangsa HOS Tjokroaminoto sejak tahun 1930-an, yaitu Moslem National Onderweijs. Wajar saja, murid-murid Pak Tjokro berhasil menjadi pemimpin hebat di negeri ini." tambah Direktur Tjokro Guru Bangsa Institute ini.


Terakhir, ia menegaskan peran MPSII, "Saudara-saudara Kepala Sekolah, Kepala Madrasah dan Pimpinan Pesantren! Kegiatan ini jangan hanya sekedar formalitas belaka, harus dioptimalkan sebaik-baiknya untuk benar-benar mengafirmasi Moslem National Onderweijs sebagai sistem pendidikan yang akan mampu mencetak generasi pemimpin yang memiliki kualitas keislaman dan kebangsaan yang handal untuk perbaikan Indonesia di masa yang akan datang. Di pundak Saudara-saudara, Jawa Barat akan menjadi Juara lahir bathin dengan pendidikan hebat ala Guru Bangsa!" tegas Ketum PW MPSII Jabar dalam pidatonya yang membius peserta hingga disambut pekikan takbir.


Di sesi lain, salah satu narasumber dari DPRD Jawa Barat Komisi V, Ade Kaca menyampaikan point penting tentang keberpihakannya terhadap pendidikan islam di Jawa Barat. 

"Jawa Barat adalah provinsi religius. Dalam menjalankan amanah masyarakat, Komisi 5 DPRD Jawa Barat yang membidangi pendidikan selalu konsen mengawal pendidikan Islam untuk mewujudkan generasi hebat di Jawa Barat. Salah satu contohnya, adanya Perda tentang pengembangan pesantren dan pendidikan islam lainnya. Tentu saya dari Fraksi PAN sangat menyambut baik dan siap men-support itikad PW MPSII Jawa Barat dengan program-programnya dalam bersinergi bersama membangun Jawa Barat yang lebih baik." paparnya.


"Ada 3 poin penting dalam motif seorang Pemimpin. Yakni motif Sosial, Politik dan Ekonomi. Maka para pimpinan sekolah di bawah naungan MPSII ini harus mampu meramunya dalam kurikulum pendidikan ala Pak Tjokro itu. Insyaallah jika sekolah, madrasah dan pesantren yang Bapak/Ibu pimpin mengusulkan program kepada Pemprov Jawa Barat, bismillah saya siap mengawalnya." pungkas Ade Kaca diiringi riuh tepuk tangan seisi ruangan.


Sebelum acara berakhir, Ketua Panitia Ade Hoerudin menyampaikan prakatanya "Kami bersyukur telah melaksanakan acara penting ini. Mohon doanya dari semua saudara seperjuangan, semoga MPSI Indonesia Wilayah Jawa Barat terus bergerak maju dengan selalu koordinasi, inkronisasi dan sinergi dengan mitra pemerintah. Insyaallah dengan dukungan berbagai pihak yang telah terbangun melalui acara ini, kami optimis bisa bergerak cepat, tepat, akurat dan hemat dalam membangun peradaban ummat." tutupnya.(dera)

Komentar Anda

Berita Terkini