Mede Nurlatu Meregang Nyawa Ditembak Brigpol Andre Batuwael di Tambang Gunung Botak

/ 29 Januari 2022 / 1/29/2022 07:16:00 PM

 



Buru, Police Watch. News,_ Brigpol Andre Batuwael oknum Anggota Brimob Kompi 3 Yon A Namlea tembak Mede Nurlatu, (Alamat Dusun Tanah Merah, Desa Waetina) hingga meregang nyawa di Tambang Ilegal Lobang Janda, Gunung Botak, Desa Persiapan Wamsait, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru, Maluku, Sabtu (29/1/2022).

Seorang saksi mata di lokasi kejadian, Wider Nurlatu menyampaikan kepada Police Watch. News saat di wawancarai menyampikan kejadian bermula ketika Oknum Anggota Brimob Brigpol Andre Batuwael beradu mulut dengan Andi Latbual di lokasi karena persoalan Tembak Larut (metode penangkapan emas gunakan karpet dan air sebagian pelarut) yang dibekingi Andre Batuwael milik Kakanya (Toni Batuwael) yang di halangi bekerja oleh beberapa penambang karena menyasar Lobang Tambang milik beberapa penambang.

"Awalnya Andre Batuwael beradu mulut dengan saudara Andi Latbual dan beberapa penambang karena Lobang Tambang mereka disasar tembak larut milik Toni Batuwael yang di Bekingi Oknum Anggota Brimob, Andre Batuwael. Adu mulut semakin panas karena Andre tidak terima pekerjaan yang dikingi olehnya dihentikan, begitu sebaliknya Andi Latbual tak terima lobng tambang miliknya disasar tembak larut," ungkap Wider Nurlatu.


Lebih lanjut dijelaskan Wider Nurlatu, karena tak terima dan sempat saling dorong dan akhirnya Brigpol Andre Batuwael mengeluarkan senjata api laras panjang yang dibawa dari ransel yang dibawanya.

"Setelah adu mulut antara Andre Batuwael dan Andi Latbual semakin memanas, kemudian Andre Batuwael mengeluarkan senjata dari ransel yang dibawanya dan mengarahkan tembakan kearah paritan dan talang secara beruntun," terang Wider Nurlatu.

Masih menurut Wider Nurlatu, korban Mede Nurlatu terluka tembak senjata api laras panjang di bagian paha, badan, dan kepala yang mengakibatkan korban meninggal dunia ditempat kejadian .

Begitu pula berdasarkan vidio yang diterima media ini setelah adu mulut oknum anggota Brimob, Brigpol Andre Batuwael mengeluarkan tembakan ke arah talang paritan tembak larut yang di Vidio terlihat korban berlari dan terjatuh saat terdengar bunyi letusan yang diarahkan Brigpol Andre Batuwael ke arah korban.

Sementara Kapolres Pulau Buru, AKBP EGIA Febri Kusumawiatmaja di Jalur D, Desa Persiapan Wamsait, Kecamatan Waelata saat dikonfirmasi belum bisa memberi tanggapan. 

"Sementara belum bisa memberi tanggapan masih menunggu dari Humas Polda, kita selesaikan ini dulu," terang Kapolres kopada Police Watch di Wansait, Sabtu (29/1/2022).

Sementara pihak keluarga, Yohanes Nurlatu yang juga kepala Soa Nurlatu menyampaikan harpan langsung dihadapan Kapolres Pulau Buru agar hari ini dapat ditngkap dan diproses hukum sesuai peraturan yang berlaku, dan pihak keluarga menyerahkan sepenuhnya penanganan persoalan ini kepada Kepolisian Polres Pulau Buru.

Hasil pantauan dilapangan akibat insiden ini Toni Batuwael selaku pemilik paritan Rumah serta satu unit sepedah motor, dan satu unit mobil ceri di Jalur D, Desa Persiapan Wamsait, Kecamatan Waelata dibakar masa yang tidak terima atas inseden tersebut.

Sementara jenasah korban,  saat ini telah dibawa ke Puskesmas Mako, Desa Waeksar, Kecamatan Waeapo untuk divisum.(A*)

Komentar Anda

Berita Terkini