Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Adakan Forum Perangkat Daerah Guna Menyusun RKPD Tahun 2023

/ 22 Maret 2022 / 3/22/2022 12:46:00 PM

 

POLICEWATCH.NEWS, PASURUAN - Demi menjalankan tugas, serta amanah yang diberikan oleh pemerintah Kabupaten Pasuruan. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian adakan forum perangkat daerah tahun 2022 untuk menyusun RKPD tahun 2023. senin (21/03/2022).

Dalam acara yang digelar di gedung pertemuan, UPT pertanian Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan tersebut, dengan mengusung tema Pembangunan tahun 2023 "Nilai Tambah Ekonomi dan Pembangunan Berwawasan Lingkungan".

Tema tersebut juga sejalan dengan rencana Bupati dalam membangun dan memajukan Kabupaten Pasuruan. 

Dalam acara tersebut Ir. Lilik Widji Asri, M.MA, menjelaskan "Forum ini kami adakan sebagai wadah diskusi antar perangkat daerah, guna membahas permasalahan dan isu strategis untuk permasalahan yang sedang di hadapi oleh Kabupaten Pasuruan, terutama di sektor Ketahanan dan ketersediaan bahan pokok atau makanan dan juga sektor pertanian". jelasnya.

Dalam rapat tersebut permasalahan yang tengah dihadapi oleh Kabupaten Pasuruan antara lain, 'rendahnya daya produk lokal, banyak produk belum bersertifikasi halal, broduk mikro menengah belum mengarah ke produk kreatif, rendahya IPM Kabupaten Pasuruan, kurang optimalnya sumber daya alam, tingkat sunting masih tinggi, dan peningkatan jumlah rakyat miskin yang ekstrim.

"Forum ini kami rasa sangat berguna untuk mengetahui dan mengevaluasi, pendapat dari setiap daerah maupun individu guna mencari solusi terbaik". tambahnya.

Adapun hasil diskusi atau isu strategi yang didapat dalam forum tersebut antara lain, penguatan untuk daya saing produk lokal, standarisasi produk dan pemberian sertifikasi, mengoptimalkan produk usaha mikro, meningkatkan SDM serta nilai IPM, optimasi sumber daya air dan alam, percepatan penanganan stunting, dan juga mengurangi kemiskinan.

"Hasil diskusi ini nantinya akan kami proses guna mengambil tidakan kedepannya, agar segera tercapai, keinginan masyarakat terutama pengusaha mikro menegah untuk memajukan perekonomian mereka, dan membantu perekonomian Kabupaten Pasuruan agar semakin membaik kedepannya". tutupnya. (Dr)

Komentar Anda

Berita Terkini