Wamentan RI Bersama Plt. Wali Kota Bekasi Melakukan Operasi Pasar Terkait Kenaikan Harga Pangan Menjelang Bulan Ramadhan

/ 10 Maret 2022 / 3/10/2022 12:41:00 PM



Senin, 07 Maret 2022 

Laporan:Amun JG

     BEKASI.POLICEWATCH.NEWS:

Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia, Harvick Hasnul Qalbih bersama Plt. Wali Kota, Tri Adhianto mengunjungi Pasar Baru Bekasi untuk memantau harga komoditas pangan, Pemerintah Daerah berupaya untuk tetap stabil dan memastikan ketersediaan pangan terpenuhi untuk masyarakat.

Harga komoditas pertanian, peternakan, dan perkebunan sedang mengalami kelonjakan, maka pemerintah di JABODETABEK terus berupaya untuk menjaga kestabilan harga pangan. Setelah melakukan penjajakan di pasar baru Bekasi, terpantau harga pangan masih relatif stabil.

Harvick Hasnul mengatakan bahwa kondisi harga pangan yang bersifat dinamis ini tidak membawa pengaruh yang cukup signifikan, sebab tingkat penjualan bahan pangan yang paling berpengaruh adalah kemauan dan kemampuan dari masyarakatnya. 


“Seperti yang masyarakat tahu ada gejolak harga untuk beberapa sektor komoditas terutama yang berkaitan dengan pertanian, peternakan, perkebunan, atas dasar itu presiden, pemerintah menugaskan kita semua baik di tingkat pusat maupun daerah, tingkat kabupaten, kota, provinsi, untuk menjaga kestabilan harga tentunya sehingga kebutuhan masyarakat tetap terpenuhi." Ujar Wamentan RI

Dalam kaitan itu, kunjungan dari Wakil Menteri Pertanian tersebut di beberapa ibu kota penyanggah yaitu ibu kota DKI Jakarta, Tanggerang, Bekasi, Depok, dan Bogor. Bertujuan memantau harga dibeberapa pasar yang sudah dikunjungi ini sebenarnya relatif stabil.


Permasalahan harga daging di pasar berdasarkan tinjauan dilapangan harga daging masih berada pada kurva harga Rp. 100.000 hingga Rp. 135.000 sudah sampai pada tangan konsumen sedangkan pedagang masih berharap agar mereka bisa mengambil berbagai tipe daging dengan harga dibawah Rp. 100.000. Namun, jika para pedagang melakukan pelanggaran dengan menaikkan harga yang tidak sesuai maka pemerintah akan menindaklanjuti hal tersebut dengan memberi sanksi kepada pedagang. 


Khusus pada wilayah Bekasi, Plt. Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto memastikan stock kebutuhan pangan saat ini sampai pada bulan Suci Ramadhan akan terus tersedia walaupun ada kendala terkait harga pada bahan pangan.


“ Saat ini terkait kebutuhan pangan masih cukup aman, meskipun memiliki kendalanya memang harganya sedikit naik tapi daya beli masih tetap bertahan, artinya ada suatu kepastian bahwa stock tetap tersedia, akan terus memastikan dengan operasi pasar, “ ujar  yaitu daya beli yang masih terkendali.


Tri mengatakan pada pekan lalu Kapolres Metro Bekasi Kota bersama Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bekasi beserta Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan telah memantau beberapa gudang minyak goreng dan gudang daging untuk memastikan ketersediaan pangan tersebut.


Pemerintah berharap untuk masyarakat agar percaya dan berprasangka baik untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkenaan dengan kehidupan masyarakat secara tuntas dan dipastikan saling menguntungkan pada pihak-pihak yang terlibat.


Usai kunjungan ke Pasar Baru untuk memastikan ketersediaan dari pangan, Wakil Menteri Pertanian RI bersama Plt. Wali Kota Bekasi menyempatkan untuk berkunjung ke Bekasi Creative Center yang baru diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat.





Komentar Anda

Berita Terkini