Diduga Kepsek SMPN 1 Beji Cairkan Dana PIP Diluar Prosedur

/ 22 Mei 2022 / 5/22/2022 06:48:00 PM

 

POLICEWATCH.NEWS, PASURUAN- PIP merupakan Program Indonesia Pintar melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) merupakan pemberian bantuan pendidikan secara tunai kepada anak usia sekolah usia 6-21 tahun yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin.


Adapun Jumlah atau nominalnya yang diterima berbeda-beda, 

Siswa SD/MI/Paket A akan mendapatkan Rp450 ribu per tahun.

Siswa SMP/MTs/Paket B akan mendapatkan Rp750 ribu per tahun.

Siswa SMA/SMK/MA/Paket C akan mendapatkan Rp1 juta per tahun.

Pengakuan dari salah satu walimurid NL yang anaknya bersekolah di SMPN 1 Beji, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, ia menceritakan ke awak media jika anaknya  mendapatkan dana PIP semenjak masih duduk di Sekolah Dasar (SD) dan berlanjut ke jenjang SMPN, namun ia heran kenapa buku tabungan anaknya berkurang sebesar 750.000 tanpa sepengetahuan dirinya, saat anaknya di tanya, ia pun menjawab dengan polos jika buku tabungananya selama ini di serahkan ke guru dan bu gurunya bilang jika orang tuanya suruh ambil sisanya di Bank sebesar 225.000, timbul pertanyaan di benak saya kenapa uang sebesar 750.000 tersebut di ambil dari Bank tanpa sepengetahuan saya.


"Saya kaget tiba-tiba di buku tabungan anak saya berkurang 750.000 dan kata anak saya uang yang 750.000 sudah di ambil bu guru dan sisanya 250.000 saya disuru ambil sendiri di Bank,"ujar ML. Sabtu (21/05/2022).

Lebih lanjut NL mengatakan memang uang yang 250.000 ribu di buku tabungan tersebut itu sisa dari saat ia Sekolah Dasar dulu yang belum ia pakai, namun kenapa uang yang 750.000 tidak langsung di berikan ke saya kalau memang sudah di cairkan gurunya.


"Saya tidak pernah menyuruh siapapun atau mengkuasaka seseorang untuk mengambil bantuan PIP anak saya dan kalau memang sudah di ambil gurunya di Bank kenapa tidak langsung di berikan ke saya, ini sudah dua minggu saya tunggu-tunggu namun belum ada kabar, kalau di Sekolahan Dasar dulu enak ketika dana PIP sudah cair kita di ajak gurunya ke Bank dan uangnya langsung saya terima dan saya belikan buat keperluan sekolah anak saya,"ungkapnya dengan nada sedih.


Sementara itu di lansir dari laman Indonesia Pintar.pip.kemdikbud.go.id


Cara Mencairkan Bantuan PIP Secara Kolektif

Selain secara langsung, pencairan bantuan PIP dapat dilakukan secara kolektif oleh satuan pendidikan. Prosesnya akan dibantu oleh kepala sekolah atau guru. Perwakilan ini harus membawa sejumlah dokumen antara lain:


surat kuasa dari peserta didik atau orang tua/wali peserta didik kepada kepala sekolah

surat keterangan aktivasi rekening dari kepala sekolah

surat pertanggungjawaban mutlak yang ditandatangani kuasa peserta didik identitas diri kuasa peserta didik.


Kepala sekolah atau guru yang diberi kuasa juga harus menunjukkan surat pengangkatan jabatan yang masih berlaku, baik asli maupun fotokopi.

Pencairan bantuan PIP secara kolektif harus dengan ketentuan sebagai berikut:

peserta didiknya bertempat tinggal jauh dari lokasi bank penyalur atau kesulitan akses transportasi

adanya kebijakan mengenai pembatasan pergerakan masyarakat karena pandemi

Alasan lain seperti peserta didik sedang sakit, penyandang disabilitas, terkena bencana, sedang praktek lapangan atau berada di asrama yang ijin keluarnya terbatas.

Namun sampai berita ini diterbitkan, Kepsek SMPN 1 Beji Yayuk Sudarwati, saat di konfirmasi melalui pesan Whatshaap dari kemarin belum memberikan klarifikasi maupun tanggapan mengenai hal ini. (Dr)

Komentar Anda

Pencairan kolektif sejak pandemi covid dilakukan berdasrkn permintaan pihak bank, sudah sesuai prosedur.
Buku tabungan sedang discan satu-satu, diupload ke dapodik, lanjut diprint satu-satu lagi untuk dibukukan, dibendel dalam laporan untuk kepentingan pemeriksaan. Sekitar 200 anak belum selesai semua, masih proses. Namun sudah ada yg mengambil untuk keperluan sekolah masing-masing. Pembagian dengan ngundang orang tua tertuna sebab
KS masih diklatnas KS Penggerak di surabaya.
Anaknya NL juga sudah dberi kesempatan ambil tabungan oleh tim. Tidak ada yang dipersulit.

Berita Terkini