Hadir Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Plt Wali Kota Kenakan Pakaian Adat Dayak

/ 1 Juni 2022 / 6/01/2022 11:33:00 AM

 *SIARAN PERS HUMAS KOTA BEKASI*

Rabu 1 Juni 2022

KOTABEKASI.POLICEWATCH.NEWS: Bersama Forkopimda dan didampingi istri, Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto hadiri upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 di Comand Center, Plaza Pemerintah Kota Bekasi.

Terlihat indah dan tampak serasi, Tri Adhianto bersama istri Wiwiek Hargono Tri Adhianto mengenakan baju adat Dayak dihiasi topi bulu burung ruai.

Penggunaan bulu burung ruai pada pakaian dan topi adat Dayak memiliki makna keindahan, burung ruai dikenal sebagai burung yang sangat lincah, elok serta menawan. Pola lincahnya memiliki arti nenek moyang suku Dayak dalam menjaga alam dan melestarikan keharmonisan.


Sebagian besar suku Dayak di Kalimantan memiliki ciri khas tersendiri dalam pakaian adat mereka. Yang menjadi ciri khas ialah topi (Bluko), yang berbeda-beda, baik untuk laki-laki maupun perempuan. 


Tentunya Kota Bekasi merupakan rumah bagi seluruh anak bangsa, Kota Bekasi yang didalamnya terdiri dari beragam suku, budaya dan etnis. Simbol pakaian adat yang dikenakan oleh pimpinan daerah sebagai pesan persatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika.


Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila juga diikuti oleh seluruh OPD secara daring.


Plt Wali Kota Bekasi beserta para tamu undangan menyaksikan siaran langsung kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara dan memberikan amanat. Amun JG


Komentar Anda

Berita Terkini