Walikota Metro Menghadiri Rapat Koordinasi Dan Kerjasama Lintas Sektor Dalam Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak DI Kota Metro

/ 18 Juni 2022 / 6/18/2022 09:29:00 PM

 

POLICEWATCH,NEWS,METRO LAMPUNG

Walikota Metro menghadiri Rapat Koordinasi dan Kerjasama Lintas Sektor Dalam Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak di Kota Metro yang berlangsung di OR Setda Kota Metro, Jumat (17/06/2022).

Kepala Dinas PPPAPP&KB Kota Metro Prayetno melaporkan pelaksanaan kegiatan rapat koordinasi dan kerjasama lintas sektor dalam pencegahan kekerasan terhadap anak Kota Metro tahun 2022 dengan dasar pelaksanaan adalah undang-undang No. 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak sebagaimana telah di ubah dengan undang-undang No. 35 tahun 2014.

“Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak RI No. 14 tahun 2021 tentang petunjuk teknis penggunaan dana alokasi khusus non fisik dana pelayanan perlindungan perempuan dan anak tahun anggaran 2022, serta keputusan Walikota Metro No. 393/KBJS/D (8)/2022 tanggal 20 Mei 2022 penerapan narasumber kegiatan terhadap kekerasan pada anak yang melibatkan para pihak lingkupan daerah kabupaten/kota sub kegiatan koordinasi dan sinkronisasi pencegahan kekerasan terhadap anak kewenangan kabupaten/kota kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kota Metro tahun 2022,” ucapnya.

Kepala Dinas PPPAPP&KB Kota Metro tersebut juga menjelaskan, bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi, tugas, dan fungsi masing-masing stake holder baik pemerintah, lembaga masyarakat, dunia usaha, media massa dan unsur perguruan tinggi dalam mendukung program pencegahan kekerasan terhadap anak dan mendukung Kota Layak Anak di Kota Metro yang diarahkan pada pemenuhan hak anak.

“Seperti hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuh anak alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya dan perlindungan khusus,” ujar Prayetno.

Sementara itu, Walikota Metro Wahdi menyampaikan apresiasi setenggi-tingginya atas terselenggaraannya kegiatan ini. Dirinya mengatakan bahwa masyarakat mulai dari RT/RW dapat melakukan kolaborasi dengan pemerintah dalam Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak, dimana Kota Metro telah menyelenggarakan kegiatan Kota Layak Anak dengan saling bahu-membahu dalam segala aspek apapun.

Walikota Metro juga meminta kepada seluruh peserta yang hadir untuk dapat melakukan upaya-upaya dalam melakukan perlindungan hak dasar yang diharuskan nantinya menjadi hak asasi manusia seutuhnya.

“Kita juga butuh kerjasama secara integrasi, kolaboratif, sehingga anak sebagai generasi lanjut pembangunan dan sumber daya manusia yang merupakan investasi besar harus kita pikirkan kedepan bahwa pembangunan ini harus menghasilkan anak-anak yang kuat dalam segala hal”, terangnya. 


Pewarta: SM

Komentar Anda

Berita Terkini