Obyek Wisata Alam Pasir Gibug Menyuguhkan Pemandangan, Panorama Yang Indah Nan Memanjakan Mata

/ 4 Oktober 2022 / 10/04/2022 10:07:00 AM

 




Policewatch Brebes,-Brebes tak pernah kehabisan destinasi wisata menarik untuk disambangi, salah satu yang terbaru yakni ada obyek wisata Pasir Gibug. 

Berlokasi, di kawasan pondok pesantren Mubarokul Ulum Desa Penanggapan Kecamatan Banjarharjo Brebes Jawa Tengah.yang mana seesuai geografis sebelah  selatan berbatasan dengan gunung Lio Salem dan sebelah barat berbatasan langsung dengan Desa/Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Akses menuju ‘Bukit Pasir Gibug’ sangat mudah dilalui oleh kendaraan. Baik itu pengendara sepeda motor atau mobil, bahkan menggunakan mobil odong-odong pun bisa masuk ke kawasan bukit Pasir Gibug ini. 

Destinasi wisata alam Pasir Gibug ini menyuguhkan pemandangan dengan panorama yang indah nan memanjakan mata.

Obyek wisata yang di rintis oleh H.Sarno Eryanto SH.MH seorang pengusaha sukses, juga pembina yayasan Pondok Pesantren Mubarokul Ulum asal Desa Penanggapan Kecamatan Banjarharjo Brebes ini, awal mulanya bukan untuk wisata, tapi pengembangan kawasan pondok pesantren yang beliau keliola yaitu pondok pesantren Mubarokul Ulum.


Namun karena banyaknya pengunjung yang datang , sehingga dewan pembina yayasan dan pengelola berinisiatif mengembangkan dan memperluas obyek wisata ini, ada sekitar 25 hektar lahan yang disiapkan untuk lokasi obyek wisata Pasir Gibug, namun baru 10 hektar yang sudah dibangun. 

Hal tersebut di ungkapkan oleh Dzulfither Satya Bela Agama (43) pengurus obyek wisata sekaligus pengurus Pondok Pesantren Mubarokul Ulum kepada awak media ini di lokasi wisata Pasir Gibug Sabtu 30/9/22.

Gus Fither sapaan akrabnya ,beliau adalah Alumni Pondok Pesantren Gontor Jawa Timur.Pria kelahiran Lamongan ini , mengaku sudah menjadi warga Desa Penanggapan atau penduduk Kabupaten Brebes sejak 2016.

Lebih lanjut Gus Fither menambahkan,dengan adanya obyek wisata Pasir Gibug ini harapannya,bisa mengangkat perekonomian masyarakat Desa Penanggapan  Banjarharjo Brebes,sekaligus untuk menopang pondok pesantren Mubarokul Ulum yang di kelolanya.

Alhamdulillah sekarang ini sudah ada 50 orang karyawan tetap yang bekerja di obyek wisata Pasir Gibug dan 150 orang tukang yang bekerja untuk pengembangan lokasi wisata dan pembangunan masjid kubah mas dan keseluruhan merupakan warga asli desa penanggapan,"tuturnya.

Obyek wisata Pasir Gibug ini di kelilingi bukit-bukit dengan panorama yang indah dan menyejukkan.Banyak spot foto yang kami sediakan dan bisa  kalian coba ketika menyambangi obyek wisata Pasir Gibug ini. 


Obyek wisata yang letaknya 50,08 Km dari kota Kabupaten Brebes ini memberikan nuansa pemandangan perbukitan dengan panorama yang indah.

Jika langit cerah kita akan menikmati pemandangan bukit-bukit yang indah dan hamparan luas waduk malahayu bisa kita lihat secara bersamaan seperti surga yang tersembunyi di atas awan.Obyek wisata Pasir Gibug nyaris sempurna untuk sebuah obyek wisata. Pasalnya, wisata ini menyediakan fasilitas yang cukup lengkap.

Untuk wisatawan yang hanya mampir dan hendak bersantai, terdapat fasilitas umum seperti area parkir yang luas, kolam renang anak,MCK, mushola, listrik, gasebo dan aula yang telah disediakan disini.

Sementara Masjid dengan kubah mas yang rencananya akan menjadi ikon di Obyek wisata Pasir Gibug ini masih dalam tahap pembangunan dan pengerjaan nya sudah mencapai 60 persen, begitu juga dengan outbound yang kami siapkan masih dalam tahap pengerjaan,"imbuhnya.

Tidak hanya itu, kami juga menyediakan resto ,cafe dan kuliner lainya dengan harga yang sangat bersahabat.

Meski pada saat pandemi kami mengalami kendala karena hampir sembilan bulan obyek wisata ini tutup,namun kami tetap memberi perhatian kepada tenaga kerja,meskipun mereka dirumahkan sementara,yaitu dengan tetap memberikan hak mereka, meskipun hanya 75 persen dari honor yang biasa para karyawan Terima. 

Alhamdulillah meski baru dua tahun berjalan wisata  alam Pasir Gibug ini,sudah ramai pengunjung.Baik dalam kota maupun luar kota.Bahkan, tidak sekadar mengunjungi, wisatawan juga ada yang bermalam di puncak bukit yang cantik ini.

Bukit Pasir Gibug ini menawarkan vila yang cocok untuk keluarga anda dan hotel dengan harga relatif namun fasilitasnya lengkap.Namun perlu wisatawan ketahui jika hendak berkunjung ke obyek wisata pasir gibuk jangan hari Jum'at karena kami tutup terkecuali sudah ada agenda yang telah di sepakati, "imbuhnya.

Pada tanggal 22 Oktober nanti kawasan wisata Pasir Gibug akan menggelar acara triwulan Pokdarwis se-Jawa Tengah, yang insyaallah akan di hadiri Mentri Parawisata  Ekonomi kreatif Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, " Pungkasnya. 

Ani (40) tahun salah satu pengunjung obyek wisata Pasir Gibug yang berasal dari Ciawi Kuningan Jawa Barat.saat di jumpai awak media ini mengatakan, dirinya sudah yang ke dua kalinya berkunjung ke obyek wisata Pasir Gibug ini, pertama saya ke sini bersama keluarga dan anak-anak sekarang datang bersama dengan 50 orang yang tergabung dalam komunitas agen BRI Link se Kabupaten Kuningan,"tuturnya.

Dipilihnya Obyek wisata Pasir Gibug ini, selain karena udaranya yang sejuk dan pemandangannya yang indah, juga tersedianya arena permainan anak-anak yang memadai. 

Pewarta:Haryoto

Biro Brebes

Komentar Anda

Berita Terkini