Akhirnya Kejati Sumsel Copot Kejari Lahat Dan Kasi Pidum

/ 9 Januari 2023 / 1/09/2023 09:02:00 PM

 

Bambang MD Wakil Pimpinan Redaksi


JAKARTA  - POLICEWATCH.NEWS - Jaksa Pidana Umum melalui Kejati Sumsel Sarjono Turin, SH, hari ini mencopot Kejari Lahat Nilawati,SH, dan beserta jajarannya kasi Pidum Frans Mona, dan jajaran dikutip dari adiyaksadigital.com.

" buntut pencopotan terhadap Kejari Lahat dan Kasi Pidum tuntutan ini terlalu ringan terhadap pelaku pemerkosaan bergilir yang dilakukan 3 orang remaja terhadap gadis dibawah umur, Kejaksaan Agung melalui Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan Sarjono Turin Mencopot Jabatan Keoala Kejaksaan Negeri Lahat Nilawati dan Kasi Pidum Kejari Lahat pada Senin sore, 09/01/23.

Hal ini dikutip dari ADHIYAKSAdigital.com, pencopotan jabatan itu diambil buntut dari tuntutan ringan JPU kejari Lahat atas perkara pidana asusila anak dibawah umur.

Bahkan, perkara itu divonis ringan oleh majelis hakim yang menyidangkan perkara tersebut.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Ketut Sumedana dalam keterangan tertulisnya menerangkan, berdasarkan proses eksaminasi terkait penanganan perkara tindak pidana kejahatan seksual terhadap anak di bawah umur di Lahat Sumatera Selatan, ditemukan bahwa Jaksa Penuntut Umum yang menangani perkara dan pejabat struktural di Kejaksaan Negeri Lahat tidak melakukan penelitian terhadap kelengkapan syarat formil dan kelengkapan syarat materiil, serta ditemukan adanya penyimpangan dan penyalahgunaan wewenang.

“Kita menemukan adanya penyimpangan dalam penanganan perkara ini. Penyalahgunaan wewenang menyebakan tuntutannya rendah,” ungkap Kapuspenkum Ketut Sumedana.kepada wartawan

Atas hasil eksaminasi dimaksud, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Fadil Zumhanan merekomendasikan beberapa hal, antara lain, Aagar terhadap hasil eksaminasi khusus ini diserahkan kepada Jaksa Agung Muda Pengawasan untuk dilakukan pemeriksaan oleh Pejabat Pemeriksa Fungsional dan sebagai tindak lanjut.

Kemudian, pejabat yang menangani perkara dimaksud (Jaksa Penuntut Umum dan Pejabat Struktural) siang hari ini (Senin, 9 Januari 2023 sudah diambil tindakan berupa penonaktifan sementara dari jabatan struktural.

“Mereka ditarik ke Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan berdasarkan Surat Perintah Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan untuk mempermudah pemeriksaan kepada yang bersangkutan,” terang Ketut Sumedana.

Selanjutnya pada Senin 9 Januari 2023, Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Lahat telah mengajukan upaya hukum banding dengan nomor yaitu:

Akta Permintaan Banding Penuntut Umum Nomor 2/Akta.Pid/2023/PN Lht tanggal 09 Januari 2023 an. ANAK O.O

Akta Permintaan Banding Penuntut Umum Nomor 3/Akta.Pid/2023/PN Lht tanggal 09 Januari 2023 an. ANAK M. A. P

“Demikian rilis ini disampaikan kepada media dan masyarakat, dan diharapkan untuk tidak lagi menjadi polemik di masyarakat,” tutup Kapuspenkum Ketut Sumedana dalam keterangan tertulisnya.

Dan hal ini direspon cepat oleh Hotman Paris Hutapea pengacara kondang di Indonesia, dalam postingan instgramnya tertulis, kasus tuntutan ringan dan putusan ringan kasus pemerkosaan di Lahat, Perjuangan kita semua berhasil ! ujar Hotman Paris."

Sumber ; Humas Kejagung RI
Penulis : wapimred policewatch.news
Komentar Anda

Berita Terkini