KETUA PANWASLU KECAMATAN CIKUPA,CURUG,PANONGAN LANTIK 29 PANWAS KELURAHAN/DESA

/ 7 Februari 2023 / 2/07/2023 02:51:00 PM

 



policewatch.news,- Tangerang Banten,- Sebanyak 29 orang panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kelurahan/Desa (PKD) se Kecamatan Cikupa, Curug, dan Panongan dilantik, Minggu (5/2/2023). Dengan demikian para PKD ini sudah bisa menjalankan tugas dan kewenangannya untuk melakukan pengawasan pemilu 2024.

Pelantikan PKD di tiga kecamatan yakni Cikupa, Curug dan Panongan ini sengaja digelar secara serentak di Eco Club, Citra Raya, Desa Ciakar, Kecamatan Panongan. Hadir dalam acara unsur muspika kecamatan Cikupa, Curug dan Panongan serta tamu undangan lainnya.

Ketua Panwaslu Kecamatan Cikupa Hasan Basri menjelaskan, pelantikan PKD tiga kecamatan ini sengaja digabung agar lebih meriah. Pengukuhan para calon PKD menjadi PKD se daerah pemilihan 5 ini terlihat lebih semarak karena digelar secara bersama-sama.

“Ini sengaja kita gelar secara bersama untuk menunjukkan bahwa pengawas pemilu tingkat kecamatan maupun tingkat desa di wilayah dapil 5 ini kompak. Dengan demikian pengawasan tahapan pemilu 2024 akan lebih mudah,” ungkap Ubay, panggilan akrab Hasan basri.


Ketua Panwaslu Kecamatan Panongan Tusmin Hardi dalam sambutannya menegaskan, setelah pengambilan sumpah janji jabatan, para PKD ini tidak lagi santai-santai. Semua harus sudah mulai menjalankan tugasnya penuh waktu sesuai komitmen yang dibangun saat tes wawancara kemarin.

“Saya tidak mau lagi mendegar ada PKD yang tidak bisa atau tidak mau menjalankan tugas saat dibutuhkan. Jika ada yang seperti itu, akan kami pecat,” tegas Tusmin.

Tusmin menambahkan, para pengawas kelurahan dan desa ini harus bisa menjaga netralitas dari partai politik maupun dari peserta pemilu manapun. Jelas itu sudah dituangkan dalam pakta integritas yang dibacakan secara bersama-sama tadi.

Ketua Panwaslu Kecamatan Curug Andi Asmara menambahkan, pelantikan PKD serentak di tiga kecamatan ini untuk mempererat silaturahmi antar pengawas pemilu di tiap-tiap desa dan kelurahan yang ada di wilayah Cikupa, Curug dan Panongan. Selain itu, pelantikan PKD secara serentak ini juga untuk mempermudah koordinasi antar PKD di tiap-tiap kecamatan.

Sementara menurut Hermanto , Anggota panwascam Curug divisi hukum pencegahan Parmas dan humas dengan terbentuknya  Panwaslu Kelurahan Desa ini, dan sudah dilantik maka diharapkan semakin meningkatkan pencegahan di tingkat paling bawah serta meningkatkan partisipasi masyarakat untuk bersama-sama mengawasi proses tahapan Pemilu serentak tahun 2024 

“Selain pelantikan, hari ini kita juga langsung melaksanakan pembekalan yang diisi oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Tangerang dan tim. Dengan demikian para anggota di tiga kecamatan ini sudah bisa langsung menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pengawas pemilu 2024,” tandasnya.

Pembekalan langsung di berikan kepada PKD yg baru saja di Lantik oleh bapak Hasanudin sebagai Anggota Bawaslu Kabupaten Tangerang Kordiv Hukum & Penyelesaian Sengketa. 

Hadir dalam acara tersebut Danramil Curug Kapten Arh.Mulyono , Kapolsek Curug yang di wakili Kanit Intel Polsek Curug AKP.Toto Riyanto, Camat Curug yang di Wakili Kasie Trantib Kecamatan Curug H.Jamal , Sekretaris Bawaslu Kabupaten Tangerang Feby Fratiwi ,Anggota Bawaslu Kabupaten Tangerang Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Tangerang Hasanudin dan Staf Bawaslu Kabupaten Tangerang Guntur Mukmin serta Anggota Panwascam Cikupa Dedi Cahyadi ( Koordiv HP2H  , Adi Adriansah  ( Kordiv PP dan PS) , Anggota Panwascam Curug Hermanto ( Kordiv. HP2H ) , Totong Romdani ( Kordiv,PP & PS ) , Anggota Panwascam Panongan Putra Jaya (Kordiv. HP2H), Muhamad Chotib ( Kordiv.PP & PS )

Red.H.Abd.Wakid



Komentar Anda

Berita Terkini