LIDIK KRIMSUS RI Apresiasi Kapolda Sumsel dan Jajarannya dalam Membasmi TR Batubara Ilegal, Termasuk 3 Cukong Yang Kini diburu

/ 21 Februari 2023 / 2/21/2023 08:22:00 PM

 


BREAKING NEWS



SUMSEL – POLICEWATCH.NEWS,- DPN Lembaga Informasi Data Investigasi Korupsi dan Kriminal Khusus Republik Indonesia (LIDIK KRIMSUS RI) Melalui Ketua Harian DPN Lidik Krimsus RI M Rodhi Irfanto SH Berikan Apresiasi Ketegasan Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Polda Sumsel) dalam memberantas Tambang Rakyat (TR) ilegal yang ada di Muara Enim dan juga dalam memburu tiga orang terduga cukong atau pemodal dalam aktivitas pertambangan batu bara ilegal di Kabupaten Muara Enim.(21 februari 2023).

Sesuai yang di sampaikan Direktur Ditreskrimsus Polda Sumsel Kombes Pol Agung Marlianto mengatakan, ketiga terduga cukong aktivitas pertambangan ilegal itu berinisial CI, OK dan RA.

“Para terduga cukong tersebut diketahui merupakan warga Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung,” kata Agung dalam keterangannya kepada wartawan, di Palembang, Senin (20/02/2023).

Agung menyebut, ketiganya melakukan aktivitas pertambangan batu bara yang berlokasi di Kelurahan Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim setidaknya satu tahun terakhir.

“Jadi benar ketiganya (CI, OK dan RA) dalam buruan kami. Sebagaimana komitmen Kapolda Sumsel untuk memberantas aktivitas habis pertambangan ilegal di Muara Enim yang menahun,” ucapnya.

Agung menjelaskan, identitas tiga orang terduga cukong terungkap atas keterangan dari enam orang tersangka yang lebih dulu ditangkap personel Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus di Desa Batu Kuning, Kabupaten OKU, Sumsel, pada Rabu (15/2) sore.

“Kepada penyidik, keenam tersangka masing-masing berinisial PHS (32), RK (32), AY (22) FS(28), DH (48) dan EB (30) itu mengaku sebagai sopir dan kondektur truk yang mengangkut batu bara ilegal dari tambang ilegal yang diduga dioperasikan oleh CI, OK dan RA,” jelasnya

Untuk menjalankan tugas tersebut, keenam tersangka mengaku diupah senilai Rp500 ribu – Rp 5 juta per satu kali pengantaran batu bara hasil tambang ilegal Kabupaten Muara Enim itu ke Provinsi Lampung.


Saat ini para tersangka tersebut ditahan di ruang tahanan Dittahti Polda Sumsel, Palembang, untuk menjalani proses penyelidikan lebih lanjut.

“Dari para tersangka ini kami juga sedang mendalami siapa penadah-nya (batu bara ilegal) sehingga kasus ini tuntas,” imbuhnya.

Dari tangan keenam orang tersangka itu, kepolisian menyita sebanyak 98 ton batu bara hasil tambang ilegal, empat unit dump truk Mitsubishi Fuso, dan satu lembar surat jalan dari PT Mulia Indah Bersama.

Barang bukti batu bara dan mobil dump truk tersebut dititipkan aparat kepolisan ke perusahaan semen yang ada di Kabupaten OKU.

Atas perbuatannya, keenam tersangka dijerat melanggar Pasal 161 Undang-undang nomor 3 tahun 2020 tentang Pertambangan Mineral dan batu bara .

Rodhi Berharap Kapolda Sumsel dan Jajarannya juga menutup TR (Tambang Rakyat) ilegal Lainnya yang ada di Muara Enim salah satunya yang ada di Pulau Panggung Enim  yang sangat merugikan negara sesuai Arahan Presiden RI Joko Widodo dalam Membasmi Penambangan Ilegal.


Jurnalis : Bambang.MD

Komentar Anda

Berita Terkini