KPK OTT Bupati, Sekda, kadis, termasuk ajudan di Kabupaten Merangin serta sita sejumlah uang

/ 7 April 2023 / 4/07/2023 07:49:00 PM

 




JAKARTA  - POLICEWATCH NEWS Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjaring 25 orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Kepulauan Meranti, Kamis (6/4/2023) malam. Salah satunya termasuk Bupati Kepulauan Meranti M Adil.

"Sejauh ini tim KPK mengamankan 25 orang terdiri dari Bupati, Sekda, Kepala Dinas dan Badan, Kepala Bidang dan pejabat lainnya di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti, serta ajudan Bupati, dan pihak swasta," kata Juru Bicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri, Jumat (7/4/2023).

Ali menjelaskan, Tim KPK masih terus melakukan pendalaman dengan melakukan permintaan keterangan terhadap para terperiksa.

"Perkembangan akan disampaikan," kata Ali.

Selain mengamankan pejabat dan swasta, KPK juga menyita uang sebagai barang bukti.

"Untuk bukti uang sementara kami pastikan tim juga mengamankannya," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, Jumat (7/4/2023).

Ali mengatakan, KPK masih melakukan penghitungan jumlah uang yang diamankan. "Penyidik KPK juga masih mengkonfirmasi kepada beberapa pihak yang diamankan," ungkap Ali.

Ali menegaskan, sebagai pemahaman bersama, mengenai jumlah uang besar atau pun kecil itu bukan utama dalam pembuktian unsur korupsi.

"Sedikit atau banyak sama saja itu perbuatan korupsi, bahkan menerima janji pun bila itu ada transaksi terkait penyalahgunaan jabatan sebagai penyelenggara sudah masuk kategori tindak pidana korupsi," tambahnya.

Diterangkannya, KPK masih melakukan pengumpulan bahan keterangan dari beberapa pihak terkait.

"Setelahnya pasti kami sampaikan lengkap hasil kegiatan tersebut sebagai bagian keterbukaan informasi KPK kepada masyarakat," pungkas Ali.

Jurnalis : Bambang. MD

Komentar Anda

Berita Terkini