Anggaran Transparansi Pembangunan RKB MTSN 4 Wonorejo Disinyalir Penuh Misteri

/ 10 Mei 2023 / 5/10/2023 03:20:00 PM

 



POLICEWATCH.NEWS, PASURUAN- Bantuan pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) tahun 2023 yang di terimanoleh  MTSN 4 Wonorejo, Kabupaten Pasuruan di sinyalir penuh misteri dan kejanggalan, baik asalnya anggaran, lamanya pekerjaan maupun CV./PT. yang mengerjakan serta konsultan pengawas pembangunan tidak di jumpai di area pembangunan.

Hal ini di ungkapkan salah satu Warga Desa Wonorejo, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan, "Usman" ketika ia sedang di alun-alun melihat ada pembangunan di sekolahan MTSN 4, setelah ia mengamati dan berhasil mengambil gambar sekeliling proyek ia tidak menjumpai Papan anggaran informasi.

"Ya, ini agak aneh tapi nyata dimana pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) yang di terima sekolahan tersebut tidak ada papan informasi anggaran dan CV yang mengerjakan serta konsultan pengawasnya, sedangkan uang yang di pakai jelas menggunakan uang negara, karena sekolahan tersebut sekolahan Negeri, seharusnya mereka yang berkepentingan dalam pembangunan RKB tersebut sudah tau aturan di Negara ikita dan perlu di ketahui masyarakat berhak mengawasi karena uang yang di pakai berasal dari uang rakyat, kalau tidak transparan seperti ini jangan salahkan masyarakat jika bantuan pembangunan RKB di MTSN 4Wonorejo syarat di Korupsi sama pihak-pihak yang mementingkan perutnya sendiri dari pada memikirkan bangsa ini,"tegasnya ke awak media. Rabu (10/05/2023)

Perlu di ketahui, kewajiban memasang plang papan nama tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010 dan Perpres Nomor 70 Tahun 2012. Regulasi ini mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek.

Dijelaskan, pentingnya informasi Papan Nama tersebut, di antaranya memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pengerjaan proyek, isi dalam Perpres tersebut.

Sementara itu adanya informasi  tersebut, awak media Policewatch.news mencoba datang ke lokasi pembangunan dan memang benar adanya hasil dari pantauan di sekitar lokasi proyek tidak ada papan informasi anggaran seperti apa yang di katakan salah satu warga Desa Wonorejo dan di saat itu juga kami menjumpai Kepala sekolah MTSN 4 Wonorejo, kami sempat mewawancarainya prihal asal anggaran, lamanya waktu pengerjaan serta konsultan pengawasnya dan beliaunya mengatakan jika pihak sekolah hanya sebagai pengawas pembangunan atau terima jadi dan terima serah kunci jika sudah selasai pembangunannya, agar lebih jelasnya anda datang ke Kanwi Depag di Surabaya.

"Pihak sekolah taunya hanya terima kunci jika pembangunan RKB sudah jadi, kalau mau nanya selengkapnya masalah anggaran berasal silahkan anda datang ke kantor Kanwil Depag di Surabaya soalnya kami tidak tahu menahu soal itu,"ujarnya ke awal media. (Dr)

Komentar Anda

Berita Terkini