Pelayanan Puskesmas Wonorejo, Kabupaten Pasuruan Dikeluhkan Masyarakat

/ 21 Juli 2023 / 7/21/2023 06:30:00 PM

 



POLICEWATCH.NEWS, PASURUAN- Puskesmas adalah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bertanggung jawab atas kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya pada satu atau bagian wilayah kecamatan. Tujuan puskesmas mengacu pada kebijakan pembangunan kesehatan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, namun pelayanan Puskesmas Wonorejo, Kabupaten Pasuruan di keluhkan masyarakat sekitar.

Hal ini di sampaikan oleh salah satu masyarakat Desa di Kecamatan Wonorejo, sebut saja Nur Aini ketika ia membawa anaknya  yang berumur 6 tahun kala itu ia sedang sakit panas tinggi lalu ia segera membawanya ke Puskesmas Wonorejo untuk berobat, namum setelah ia sampai di sana bukanya mendapat pelayanan yang seperti ia harapkan, malah ia di sarankan oleh salah satu perawat di sana pergi ke Puskesmas Purwosari atau ke Puskesmas Purwodadi atau di lain Kecamatan yang jaraknya jauh dari tempat tinggalnya, alasan salah satu perawat Puskesmas tersebut mengatakan kalau alat Cek darah rusak belum di perbaiki.

"Siang itu anak saya sakit demam tinggi, saat itu juga langsung saya pergi ke Puskesmas, namun ternyata sesampainya di sana saya malah di suruh ke Puskesmas lain yang jaraknya jauh dari rumah, kata salah satu petugas di Puskesmas Wonorejo alat untuk cek darah lagi rusak belum di perbaiki, sebaiknya bawa saja ke Puskesmas Purwosari atau Puskesmas Purwodadi,"ujarnya sambil menirukan perkataan salah satu petugas. Jumat ( 21/07/2023)

Sementara itu, menyikapi akan hal ini tokoh masyarakat di Kecamatan Wonorejo yang juga sebagai ketua umum LSM Perjuangan Masyarakat Desa Mandiri ( P-MDM ) Gus Ujay mengatakan, seharusnya Dokter maupun perawat di Puskesmas Wonorejo dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat atau orang yang sakit harus cepat dan tanggap, ini urusan nyawa seseorang meraka tidak boleh lalai.

"Petugas medis harus cepat dan tanggap, karena ini urusannya nyawa manusia, saya meminta ada teguran dan tindakan tegas ke Kepala Puskesmas Wonorejo karena kami menganggap ia lalai dalam memberikan pelayanan Kesehatan ke masyarakat, anak ini harus lontang Lantung mencari tes darah, buat apa ada Puskesmas jika tidak bisa memberikan pelayanan yang terbaik buat warga sekitar nya,"tegas Gus Ujay.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan, saat di konfirmasi mengenai akan hal ini, beliaunya mengatakan, Inggih, ngapunten segera akan kami lakukan pembinaan, kami tata,"balasnya. (Dr)

Komentar Anda

Berita Terkini