Sabu seberat 22 kg yang diungkap BNN Sumsel Jaringan Internasional

/ 3 November 2023 / 11/03/2023 07:00:00 AM

  


POLICEWATCH.NEWS - PALEMBANG 

Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatra Selatan mengamankan 22 kilogram sabu dari dua kurir di Palembang. Sabu tersebut berasal dari jaringan internasional.


Kabid Pemberantasan BNNP Sumsel, Kombes Adi Herpaus mengatakan sabu yang dibawa oleh 2 kurir tersebut berasal dari Batam dan masuk ke Palembang melalui jalur air melewati Sungsang, Kabupaten Banyuasin. Sumsel.


"Kalau dari Batam itu pasti dari luar negeri dan ini merupakan jaringan internasional," ujarnya.


Dikatakan Adi, kedua pelaku yang ditangkap mengaku sudah dua kali mengantar sabu ke Palembang dan dibawa melalui jalur air. Ia memastikan tidak ada anggota yang terlibat.


"Tidak ada oknum anggota yang terlibat saat ini kita masih melakukan pengejaran terhadap pelaku yang meninggalkan mobil Ayla di depan Musala At Toyyiba, di Kecamatan IT II Palembang," ditemukan 22 kg Sabu ujarnya


Diberitakan sebelumnya, BNNP Sumsel mengamankan 22 kg sabu yang tersimpan di dalam mobil Daihatsu Ayla dengan plat putih yang terparkir di depan Musala At Toyyiba, Kota Palembang. Video penangkapan puluhan sabu tersebut viral di media sosial.

Dalam video berdurasi 25 detik tersebut, terlihat 3 anggota BNNP Sumsel menggeledah mobil berwarna hitam tersebut.

Puluhan sabu tersebut disimpan di dalam kotak kardus air mineral yang diikat dengan tali plastik. Paket-paket sabu tersebut disimpan di dalam bungkus teh Cina berwarna hijau.

Kabid Pemberantasan BNNP Sumsel, Kombes Adi Herpaus mengatakan yang viral di media sosial itu memang tangkapan BNNP Sumsel.


"Kami melakukan penangkapan yang awalnya di dekat asrama haji. Disana kami mendapatkan 10 kg sabu. Dari tkp pertama kami berhasil menangkap dua orang pelaku yang saat ini sudah berada di BNNP Sumsel," ujarnya, Selasa (31/10/2023).


Setelah di asrama haji, anggota pun melakukan pengejaran satu pelaku lagi. Satu pelaku itu menggunakan mobil Ayla dan lari hingga ditemukan terparkir di depan Musala At Toyyiba, di Jalan Ali Gatmir, Kelurahan 10 Ilir, Kecamatan Ilir Timur II Palembang.


"Saat kita melakukan pengejaran di 10 Ilir, ternyata pelaku sudah kabur dan dia meninggalkan mobilnya di depan Musala. Dan di dalam mobil saat di geledah ada 22 kg sabu yang dibungkus dengan bungkusan teh Cina," jelasnya.


Dikatakan Adi, sabu-sabu ini dibawa dari Batam melalui jalur laut, dan melintas di perairan Sumsel. Setelah sampai di jemput para pelaku ini dan rencananya akan di kirimkan kepada pemesan di Palembang.


"Pelaku masih dalam pemeriksaan dan mereka mengaku sebagai kurir yang diupah Rp 10 juta. Dan sudah dua kali mengantarkan sabu ke Sumsel, rencananya sabu ini akan disebar di wilayah Sumsel" pungkasnya. (Bambang MD)

Komentar Anda

Berita Terkini