Tabrak Minibus Feeder Kereta Cepat Telan Korban Jiwa 2 Meninggal 4 Terluka

/ 14 Desember 2023 / 12/14/2023 08:58:00 PM

 



Red,policewatch.news,- Kereta Api Feeder menabrak sebuah minibus jenis Daihatsu Sigra D-1859-AJY berisi 6 penumpang, Kamis (14/12/2023). Akibatnya, 2 penumpang tewas, 4 lainnya terluka. 

Kecelakaan terjadi di perlintasan rel kereta tak berpalang pintu di Kampung Sumur Bor, Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Kamis (14/12/2023).

Pantauan di lokasi, mobil berwarna abu-abu itu terseret kereta api pengumpan Kereta Cepat hingga jarak kurang lebih 100 meter ke arah timur dari pintu perlintasan atau titik tertabrak.

Akibatnya, mobil ringsek cukup parah di badan mobil bagian kanan.

Seorang saksi mata, DS(40), mengaku menyaksikan detik-detik minibus hancur tertabrak kereta.

DS bahkan sempat ikut mengatur lalu lintas untuk menghentikan mobil tersebut agar tidak dulu melewati perlintasan rel kereta.

"Kejadiannya sekitar jam 13.00 WIB. Kereta feedernya melaju dari arah stasiun Padalarang menuju Bandung sementara mobil hendak melintas rel kereta dari arah Ngamprah menuju jalan raya," kata DS alias Kicen saat ditemui di lokasi kejadian.


Menurut Kicen, pengemudi saat itu melaju dengan kecepatan pelan dari arah Ngamprah. Setibanya di pintu perlintasan, Kicen sudah berusaha menghentikan kendaraan dengan mengangkat tangan sebagai tanda kereta berkecepatan tinggi hendak melintas.

"Tetapi saat saya memberi kode pengemudinya malah senyum. Disangkanya menyapa mungkin. Hingga kemudian mobil melaju pas kereta melintas," sebut Dede.

Minibus yang berisi 6 penumpang itu kemudian terseret kereta hingga jarak cukup jauh. Penumpang yang terjebak di dalam mobil pun tak sempat menyelamatkan diri.

"Dua anak kayanya meninggal. Korban-korban yang lainnya yang masih hidup langsung dibawa ke rumah sakit . Mobilnya juga sudah di evakuasi dari badan rel kereta," paparnya.

Sementara itu, Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono mengatakan, petugas kepolisian dibantu masyarakat melakukan evakuasi korban dan menyingkirkan kendaraan dari badan rel.

"Hingga saat ini, informasi awal ada 6 penumpang yang terdapat di dalam mobil. Semuanya sudah dievakuasi, dibawa ke rumah sakit untuk dipastikan kondisinya," ujar Aldi.

Sementara itu, Ayep Hanapi, Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung mengimbau masyarakat disiplin saat melintasi perlintasan sebidang.

"PT KAI Daop 2 Bandung mengajak seluruh pengguna jalan untuk bersama-sama menaati rambu-rambu yang ada serta lebih waspada saat akan melintasi perlintasan sebidang kereta api," ucap Ayep. 

Sesuai UU Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian Pasal 124 menyatakan pada perpotongan sebidang antara jalur kereta api dan jalan, pemakai jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api.red/MRI


Komentar Anda

Berita Terkini