DAK Fisik Pendidikan Kuningan Naik 40%, Iip Hidajat Minta Disdikbud Jaga Amanah dan Transparansi

/ 20 Mei 2024 / 5/20/2024 08:49:00 AM

 



Kuningan, policewatch.news,-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kuningan mengadakan sosialisasi dan pendampingan penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik bidang Pendidikan tahun 2024. 

Acara di hadiri langsung oleh Penjabat Bupati Kuningan, Dr. Drs. H. Raden Iip Hidajat, Mpd, di Hotel Horison Tirta Sanita, Sangkanurip, Rabu (15/05/2024).

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang DAK Fisik kepada para Kepala Sekolah penerima anggaran, mulai dari perencanaan, pengusulan, penetapan, pelaksanaan hingga monitoring dan evaluasi. 

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam penggunaan dana DAK fisik, serta mencegah terjadinya penyalahgunaan.

DAK Fisik tahun 2024 menyasar 3 jenjang pendidikan, yaitu PAUD, SD dan SMP.

Dimana dana ini akan digunakan untuk membangun dan merehabilitasi ruang kelas, ruang perpustakaan, laboratorium IPA, ruang UKS, toilet, lab komputer, area bermain, ruang praktek, pengadaan alat multimedia dan TIK, serta sarana dan prasarana penunjang pendidikan lainnya.

Iip Hidajat mengapresiasi Disdikbud Kuningan atas upayanya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan mendapatkan DAK fisik dari pusat. 

DAK Fisik tahun ini mengalami kenaikan lebih dari 40 persen dibandingkan tahun lalu. Iip berharap hal ini dapat terus meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Kuningan.

Iip juga berpesan kepada para Kepala Sekolah untuk menggunakan DAK Fisik dengan bertanggung jawab dan mematuhi koridor hukum yang berlaku. "Semuanya mesti transparan," tegas Iip.

Terakhir, Iip mengingatkan para Kepala Sekolah untuk menjaga kualitas pendidikan di Kuningan demi menyongsong 100 tahun Indonesia merdeka. "Mari kita persiapkan generasi emas untuk menuju Indonesia Emas tahun 2045," ujar Iip.

Sosialisasi DAK Fisik Bidang Pendidikan ini juga diisi oleh narasumber dari Polres Kuningan, Kejaksaan Negeri, BPKAD Kuningan dan Pengadaan Barang dan jasa. (GUNTUR)

Komentar Anda

Berita Terkini