Dana Desa Ratusan Juta Mengalir ke Wisata Desa, Tapi Tak Kunjung Buahkan Hasil

/ 19 Mei 2024 / 5/19/2024 09:40:00 PM

 


Kuningan, policewatch.news,- Diduga Dana Desa ratusan juta rupiah yang di gunakan untuk pembangunan pengembangan wisata di salah satu desa di kabupaten kuningan menjadi sorotan dan perhatian publik.

Pasalnya, pengembangan wisata yang di lakukan sejak tujuh tahun terakhir, terhitung sejak 2018 hingga saat ini, anggaran Dana desa yang di alokasikan untuk pengembangan wisata tersebut mencapai total hampir Rp 800.000.000,"

Tanpa di barengi dengan kajian kelayakan dan Studi pasar yang matang, kegiatan tersebut terkesan di paksakan sehingga berakibat pada tidak ada atau minimnya pemasukan dari sektor wisata tersebut.

Lebih parahnya lagi Proyek pengembangan wisata yang di gembar-gemborkan sebagai lokomotif ekonomi desa ini justru menjadi benalu.

Alih-alih menghasilkan pundi-pundi keuntungan, proyek ini malah mangkrak dan tak kunjung menghasilkan pemasukan yang di harapkan.

Kegagalan ini semakin di perparah dengan temuan alokasi Dana Desa (DD) untuk penyertaan modal ke BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) yang di gunakan  mengelola pengembangan objek wisata, di desa tersebut.

Hal ini semakin menimbulkan kekhawatiran tentang penggunaan dana desa yang tidak transparan dan akuntabel.

Hingga saat ini, belum ada konfirmasi resmi dari pihak desa terkait penggunaan Dana Desa untuk Proyek pengembangan wisata tersebut. (GUNTUR)

Komentar Anda

Berita Terkini