Perguliran Bantuan Kambing, Dorong Ketahanan Pangan Desa Cengal

/ 20 Mei 2024 / 5/20/2024 08:53:00 AM

 


Kuningan, policewatch.news,-Program bantuan kambing bergulir yang di gagas oleh Pemerintah Desa Cengal Kecamatan Japara Kabupaten Kuningan, telah menunjukkan hasil yang  dapat  meningkatkan kesejahteraan masyarakat peternak.

Program yang di rancang mulai dari tahun 2022 dengan sistem perguliran yang ketat, di mana setiap anggota kelompok peternak harus memenuhi syarat memiliki kandang yang memadai untuk bisa menerima, memelihara dan mengembang biakan bantuan berupa dua ekor kambing.

Dan bilamana dalam satu atau dua tahun sejak program ini dimulai, kambing-kambing tersebut telah berkembang biak (beranak), maka ada kewajiban bagi setiap  anggota peternak untuk menyerahkan dua ekor anak kambing yang berusia enam bulan (sudah berhenti menyusu) kepada anggota kelompok ternak lain, yang belum menerima bantuan. 

Hal itu untuk memastikan bahwa perguliran bantuan kambing terus berjalan dan meluas ke seluruh anggota kelompok peternak.

"Alhamdulillah, program perguliran bantuan kambing ini berjalan sesuai harapan, saat ini sudah banyak kambing yang beranak sehingga bisa di bagikan kepada anggota kelompok lainnya untuk diteruskan perguliran nya."

Ucap Kepala Desa Cengal, Een Suhartini kepada Media policewatch.news di ruang kerjanya.Kamis (16/5/2024).

Lebih lanjut, Een menjelaskan bahwa program ini merupakan salah satu upaya strategis desa dalam mewujudkan ketahanan pangan.

"Melalui program ini, kami harapkan masyarakat Desa Cengal dapat meningkatkan kesejahteraan ekonominya sekaligus memperkuat ketahanan pangan desa," jelas Een.

Een juga menegaskan komitmennya untuk terus mendukung program ini agar dapat berjalan berkelanjutan.

Salah satu anggota kelompok peternak, Cecep, mengaku senang dengan program ini. Kambing yang di terimanya telah berkembang biak dengan baik.

" Kambing yang saya terima sudah anakan (beranak) kambing nya nanti kalau sudah 6 bulan, bisa di berikan kepada anggota kelompok lain, sesuai dengan ketentuan program yang di buat oleh desa," tuturnya.

Senada dengan Cecep, anggota kelompok peternak lainnya, Carka juga menyampaikan rasa terima kasihnya.

" Saya sangat bersyukur atas bantuan ini. Kambing yang saya terima tahun lalu, sudah menghasilkan anakan, nantinya  dapat membantu anggota lain dengan memberikan anak kambing, program ini benar-benar membantu kami ." Ucapnya.

(GUNTUR).

Komentar Anda

Berita Terkini