MASA UNJUK RASA DI KPU SUDAH DIHADANG POLISI PASANG KAWAT BERDURI

/ Kamis, 05 Juli 2018 / 19.18

LAHAT - SUMSEL - POLICEWATCH NEWS -  Puluhan massa yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Anti Politik Uang yang ingin melakukan unjuk rasa damai ke Kantor KPU Kabupaten Lahat harus terhenti di depan Mapolres Lahat. Bahkan puluhan anggota Polisi sudah  disiagakan sejak pagi tadi. Bahkan tak hanya itu saja, kawat berduri pun sudah terpasang di depan Mapolres Lahat sehingga menyebabkan para pendemo tidak bisa melakukan unjuk rasa di depan kantor KPU Lahat.

Hal ini tidak menyurutkan para massa, sehingga pendemo terpaksa harus berorasi di depan Mapolres Lahat. Apalagi saat ini KPU Lahat sedang melakukan rapat pleno penghitungan suara Calon Gubernur dan Calon Bupati Lahat dalam Pilkada 2018, Kamis (5/7/2018).

Menurut koordinator aksi, Ipi Magerang mengatakan, aksi damai yang dilakukan Gerakan Masyarakat Anti Politik Uang menegaskan kepada pihak KPUD Lahat agar mendiskualifikasikan Paslon yang terbukti melakukan politik uang yang terstruktur, sistematik, dan masif. "Kami kesini hanya untuk meminta KPUD Lahat agar dapat mendiskualifikasikan paslon nomor urut 3, karena sudah terbukti melakukan politik uang. Apalagi politik uang ini melibatkan tim sukses dan pengurus partai termasuk juga anggota dewan,"katanya.

Bahkan dirinya menegaskan paslon tersebut telah mengingkari janji dalam deklarasi kampanye damai yang digelar secara serentak di indonesia pada 18 Februiari 2018 lalu. 'Karena itulah kami yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Anti Politik Uang dan Gerakan Rakyat Anti Money Politik sangat menentang praktek politik uang yang dilakukan oleh Paslon Cik Ujang - H Haryanto pada Pilkada Kabupaten Lahat.

Tak hanya itu saja, Ipi menambahkan selain mengharapkan KPU untuk mendiskualifikasikan paslon yang terlibat politik uang, pihaknya juga meminta agar membatalkan pleno penetapan pemenang dalam Pilkada 2018 yang dimenangkan oleh Cik Ujang - H Haryanto.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Lahat, Syamsurizal Nusir Bsc didampinggi para komisoner serta Kapolres dan Dandim yang rela berjalan kaki dari kantor KPUD Lahat menuju unjuk rasa, menegaskan pihaknya memberikan apresiasi bagi para pendemo dalam menyampaikan orasinya terhadap money politik.

"Dari orasi yang disampaikan oleh kawan-kawan ini, kami akan sampaikan ke atasan lagi dan akan menampung apa yang diinginkan oleh para pengunjuk rasa. Dan kami juga mengucapkan terima kasih atas apressiasi kawan-kawan yang sudah melakukan unjuk rasa secara damai ujarnya

Reporter : Bambang.MD

Komentar Anda

Berita Terkini