PTBA RENCANA BANGUN KAWASAN EKONOMI KHUSUS

/ Selasa, 18 Desember 2018 / 07.00
Reporter    : Bambang.MD

Rapat Pembahasan rencana pembangunan KEK Bukit Asam

MUARA ENIM, POLICEWATCH.NEWS Rapat Pembahasan rencana pembangunan kawasan ekonomi khusus (KEK) Bukit Asam antara Pemrintah Sumsel, Pemerintah Kabupaten Muara Enim dan Direksi PT. Bukit Asam yang dipimpin langsung oleh Gubermur Sumsel H. Herman Deru yang didampingi oleh asisten prekonimian pembangunan Ir. Johanes Toruan serta OPD lainnya.

Rapat tersebut dilakasanakan pada Hari Senin, Tanggal 17 Desember 2018 di Ruang Rapat Gubernur Sumatera Selatan.

Dalam diskusi bersama tersebut, Fuad Islandar selalu Direktur Pengembangan Usaha PT Bukit Asam menjelaskan, bahwa KEK ini dibangun di areal IUP Bukit Asam seluas 600 Ha dengan kegiatan utama Gasifikasi Batubara,

Pembangunan PLTU Sumsel 8, (2 x 650 MW), Pabrik Poliprophilin, Pabrik Pupuk, bahan pengganti gas LPG, Pabrik Kelapa Sawit dan rencana ikutan lainnya. ” Mohon dukungan bapak Gubernur dan Bupati khususnya dalam perijinan dan lainnya,” harapnya.

Ditambahkan Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru juga mendukung sepenuhnya rencana pembangunan KEK Bukit Asam dan berharap dapat segera dilaksanakan karena program ini sangat strategis dan dapat menghemat devisa negara.

Selain itu diharapkan KEK Bukit Asam ini dapat menjadikan Sumatera Selatan dan khususnya Kabupaten Muara Enim sebagai Pusat Pertumbuhan Baru di luar Jawa. ” Oleh karena itu perlu kordinasi yang baik dengan Kementerian dan swasta terkait di tingkat pusat agar dapat meminimalisasi potensi permasalahan yang akan timbul,” tuturnya.

Ditambahkan juga oleh Bupati Muara Enim, Ir. H. Ahmad Yani dalam kesempatan ini, mengharapkan agar KEK Bukit Asam dapat juga digunakan untuk program hilirisasi produk lainnya yang memiliki potensi cukup besar seperti karet dll dan berharap semaksimal mungkin menggunakan tenaga kerja lokal sesuai kapasitasnya. Terangnya.

Dalam acara ini juga dipaparkan rencana pembangunan jalur kereta api baru dari Simpang Ogan Ilir menuju Prajen, Lampung

Komentar Anda

Berita Terkini