400 Peserta Didik SMA Negeri 4 Semarang Lulus 100 Persen

/ 13 Mei 2019 / 5/13/2019 09:54:00 PM

Reporter : M. Taufiq.Sapta
Kepala SMA Negeri 4 Semarang, Dra.Wiji Eny Ngudi Rahayu,M.Pd saat memimpi rapat pleno
kelulusan kelas XII di ruang guru, senin pagi, 13/5 / 2019 Foto : M. Taufiq.Sapta


Semarang ( Police Watch.News )- Dalam dunia pendidikan, kelulusan setelah selesai menempuh ujian pendidikan dalam suatu sekolah merupakan agenda rutin tiap tahunnya.baik di tingkat SD/MI, SMP/M.Ts, SMA/ MA maupun jenjang SMK Sederajat .

Pengumuman kelulusan merupakan moment yang sangat ditunggu tunggu baik oleh siswa maupun orang tua siswa, karena merupakan moment yang special setelah selesai menempuh ujian nasional khususnya SMA,MA maupun SMK sederajat .Hari ini senin13 mei 2019 secara nasional akan mengumumkan pengumuman kelulusan di masing masing sekolah bagi peserta didik kelas XII.

Salah satunya SMA Negeri 4 Semarang yang mana pada pagi sebelum pengumuman kelulusan, melaksanakan rapat pleno yang dihadiri seluruh dewan guru yang dipimpin langsung oleh Kepala SMA Negeri 4 Semarang, Dra. Wiji Eny Ngudi Rahayu,M.Pd. Dalam keterangannya saat memimpin rapat pleno, Eny, mengatakan bahwa siswa kita sejumlah 400 siswa kelas XII, telah mengikuti tahapan tahapan proses dan berjalan dengan lancar, dari KBM, ujian praktik, USBN, UNBK ini semua sudah dilaksanakan , dilalui tahapan tahapan itu oleh anak didik kita dan semuanya mengikuti semua tahapan tersebut, mulai darikelas X, kelas XI dan XII dan ini menjadi persyaratan kelulusan untuk nantinya menjadi anak anak yang cerdas dan menjadi anak anak yang hebat,” Tuturnya.

Dewan guru sedang rapat pleno untuk menentukan kriteria kelulusan. Foto : M. Taufiq.Sapta

“ Saya memberikan apresiasi setinggi tingginya kepada bapak ibu guru yang telah mendidik anak anak kita menjadi anak yang cerdas dan hebat,” ucapnya.

Menurut Eny, kriteria kelulusan tahun pelajaran 2018/2019 ini meliputi, harus menyelesaikan seluruh program pembelajaran dari smester I sampai dengan semester VI atau kelas X sampai kelas XII, lalu memperoleh nilai sikap /perilaku minimal baik (B) berdasarkan deskripsi sikap spiritual dan sikap sosial di semester I sampai semester VI, kemudian siswa wajib mengikuti ujian nasional dan harus lulus Ujian Sekolah dan USBN (setiap mata pelajaran lebih dari atau sama dengan 73.

SMA Negeri 4 Semarang kelas XII nya memiliki 11 rombongan belajar, 9 rombongan belajaj Jurusan IPA jumlah siswa nya ada 327 dan 2 rombongan belajar jurusan IPS jumlah siswanya 73 siswa.

Semua siswa tersebut telah mengikuti tahapan yang dicantumkan dalam criteria kelulusan dan berdasarkan rapat pleno dewan guru seluruh nya maka Saya memutuskan 400 siswa kelas XII SMA Negeri 4 Semarang dinyatakan lulusa semua alias lulus 100 persen,” tuturWiji Eny.

“ Saya tidak menyangka sebelumnya dari hasil tahapan dan hasil ujian nasional ternyata  SMA Negeri 4 Semarang meraih prestasi akademik yang sangat membanggakan bagi keluarga besar SMA Negeri 4. Hal ini diungkapakan Dra.Wiji Eny Ngudi rahayu,M.Pd bahwa untuk nilai IPA dijajaran sekolah negeri se kota semarang, SMAN 4 peringkat ke 3. Urutannya sebagai berikut, peringkat I : SMA N 3, peringkat 2 : SMA N 1, peringkat 3: SMAN 4 Semarang.

Untuk nilai IPA di jajaran SMA Negeri Swasta sekota semarang yang terdiri atas 98 sekolah SMA/MA, SMA Negeri 4 peringkat 6. Urutan peringkatnya, peringkat 1: SMA N 3
 peringkat 2: SMA Loyola, peringkat 3 : SMA Karangturi, peringkat 4: SMA Tri Tunggal, peringkat lima SMAN 1 ,peringkat 6 : SMA Negeri 4 Semarang.

Eny menambahkan, utnuk peringkat nilai IPS , di jajaran SMA Negeri se kota semarang ,SMA Negeri 4 meraih peringkat 2. Urutan peringkatnya yaitu: peringkat 1 : SMAN 3 peringkat 2 : SMAN 4, peringkat 3 : SMA Loyola Semarang, Untuk nilai IPS di jajaran sekolah SMA/MA negeri swasta sekota semarang yang berjumlah 98 sekolah , SMA Negeri 4 meraih peringkat 2. Urutan peringkat jajaran sekolah se kota semarang untuk nilai IPS, peringkat 1 : SMAN 3, peringkat 2 : SMA Negeri 4, peringkat 3 : SMA Loyola Semarang,” tuturnya.

Wiji Eny menambahkan bahwa pengumuman kelulusan kelas XII yang di umumkan secara serentak pukul 1 .00 WIB menurutnya, nantinya melalui website SMA Negeri 4 Semarang yang dikirimkan ke orang tua siswa masing masing, hal ini untuk menghindari dan meminimalisir siswa melakukan corat coret baju dan konvoi sepeda motoran, lebih baik baju yang sudah tidak dipakai siswa dari pada di corat coret bisa di salurkan kepada mereka yang berhak menerimanya, “ pungkasnya.
Komentar Anda

Berita Terkini