AKN DITUTUP ALUMNI MAHASISWA GELAR AKSI DEMO DI PEMKAB LAHAT

/ Senin, 19 Agustus 2019 / 20.45

Reporter  : Bambang.MD
Alumni Akademi Komunitas Negeri Kabupaten Lahat datangi kantor Pemkab Lahat senin (19/8/2019

LAHAT - POLICEWATCH.NEWS - Puluhan masa dari alumni Akademi Komunitas Negeri Kabupaten Lahat datangi kantor Pemkab Lahat senin (19/8/2019.

Mereka  melakukan aksi demo atas ditutupnya AKN Lahat yang kabarnya pembangunan gedung untuk mahasiswa AKN sudah menghabiskan milyaran rupiah kini terbengkalai dan tidak terurus disiyalir berbau aroma korupsi.

Koordinator aksi Syeha alumni mahasiswa angkatan pertama yang meminta kepada Kadisdik Lahat Sutoko dan Kepala SMK Negeri 1 Abdurahman untuk bertanggung jawab masalah ini. terkait keabsahan ijazah mahasiswa yang belum terdaftar di Forlap Dikti dan opsi dari Kemenriskdikti ujar " Syeha. 

Terrkait ditutupnya Akademi Komunitas Negeri (AKN) Lahat  oleh kemenrisekdikti di Kabupaten Lahat, puluhan massa ini dari Ikatan Alumni dan Mahasiswa  AKN Lahat di komandoi Syeh melakukan demonstrasi Senin (18/8) di depan kantor Bupati Lahat.

Dalam orasinya mereka berteriak " Biaya, waktu dan jerih payah orang tua kami sangat mubazir jika ijazah yang di keluarkan tidak terdaftar di Kemenriskdikti dan terjadi penolakan oleh perusahan pada proses mendaftar kerja", di sampaikan didepan Bupati Lahat Cik Ujang didampingngi juga Wakil Bupati Lahat H.Herianto.SE.Ditutupnya AKN Lahat oleh Kemenriskdikti diberkan beberapa opsi bagi setiap Kabupaten kota untuk tetap ada perguruan tinggi menggantikan AKN melalui Akademi Komunitas Swasta yang seluruh pembiayaannya di lakukan oleh pihak swasta dan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) diatur Permenrisekdikti No. 1 tahun 2017." Opsi tersebut bisa terwujud bilamana mendapat rekomendasi dari Bupati Lahat dan Perguruan Tinggi yang berkariditasi A ke Kemenriskdikti", Pintanya

Menanggapi Hal tersebut, Bupati Lahat Cik Ujang.SH mendukung penuh keinginan dan tuntutan dari Ikan Alumni dan Mahasiswa AKN Lahat kepada pemerintah daerah untuk dapat memberikan solusi bagi mahasiswa. "Kita akan cari solusi terbaik akar permasalahan ini. Yang terpenting jangan ada unsur kepentingan pribadi. Mari kita duduk bersama menyelesaikan ",Pintanya.

Sementara Kepala dinas pendidikan dan Kebudayaan Pemkab Lahat Drs. Sotoko didampingi ketua AKN Lahat Abdurahman terus berupaya melakukan koordinasi kepada Kemenriskdikti terkaiat solusi dan permasalahan yang belum diselesaikan.Solusinya telah ada. Beberapa waktu yang lalu telah dilakukan pertemuan dengan Kemenriskdikti. Isinya tertuang dalam berita acara yang akan kita sampaikan kepada alumni dan mahasiswa",Pungkasnya.

Gedung AKN ini sudah dibangun menggunakan sumber dana APBD tahun 2014 yang menelan dana sekitar 8 M.tapi kenyataannya pembangunan ini tertunda alasan belum tahu sehingga apa yang digadangkan AKN Lahat sirna ditelan waktu bahkan AKN dijaman Bupati terdahulu sangat mendukung adanya AKN sehingga proyek ini di geber tanpa konsep yang tidak jelas kata " Malik Ketua LSM RATU ADIL diminta tanggapannya sehingga gedung ini diduga ada indikasi berbau aroma korupsi " kok sampai mangkrak  pembangunan gedung AKN lahat " tegasnya

Terpisah Kadisdik Lahat saat dikonfirmasi melalui ponselnya senin (19/8/2019) 081258147XXX nada dering bunyi " nomor yang anda tuju tidak dapat menerima panggilan "

Terpisah Kepala SMKN 1 Lahat Abdurahman saat dihubungi senin (19/8/2019) melalui ponselnya pukul 07.26 wib dijawab " nah dak tau dan dijawab lagi kami lagi takziah "  langsung ditutup ponselnya 


Komentar Anda

Berita Terkini