SMA Negeri 4 Semarang Peringati Upacara HUT kemerdekaan RI Ke-74

/ Senin, 19 Agustus 2019 / 08.44
Reporter  : M. Taufik
Kepala SMA Negeri 4 Semarang,Dra. Wiji Eny Ngudi rahayu,M.Pd saat menyerahkan Bendera
Merah Putih Kepada petugas Upacara untuk di kibarkan. Foto : M. Taufik

Semarang ( PoliceWatch.News )- Setiap tahun di bulan agustus , bangsa Indonesia memperingati Proklamasi Kemerdekaan Indonesia . Sebagaimana diketahui Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di kumandangkan pada 17 Agustus 1945 sejak saat itulah bangsa Indonesia dinyatakan merdeka. Merdeka dalam arti luas adalah kita bisa menentukan nasib bangsa kita sendiri tanpa campur tangan dari bangsa lain.

Terkait peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 tahun 2019 SMA Negeri 4 Semarang menggelar upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 di lapangan bola sekolah jalan Karangrejo no 12A, Banyumanik, Srondol Wetan Kota Semarang, Sabtu (17/8/2019 ).

Kepala SMA Negeri 4 Semarang, Dra. Wiji Eny Ngudi Rahayu,M.Pd. dalam amanat sambutan Kemendikbud RI, Mengatakan,” Pada hari ini kita merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-74, hari dimana bercermin memandang sejarah dan mengapresiasi perjalanan panjang para pejuang yang telahmembawa kita pada keadaan sekarang tepat 74 tahun. Tepat 74 tahun yang lalu lagu kebangsaan menggetarkan pengibaran bendera pusaka di langit biru ibu pertiwi, sebagai penanda lahirnya Republik Indonesia,” ucapnya.

“ Tema perayaan HUT ke-74 tahun kemerdekaan, tahun inni adalah SDM Unggul Indonesia Maju. Presiden Joko Widodo menjadikan SDM yang berkelanjutan sebagai focus penggunaan anggaran di tahun 2020 mendatang. Ia menekankan bahwa Negara harus hadir dalam upaya pembangunan SDM Indonesia agar memiliki daya saing dalam persaingan global.

Dengan memperingati HUT ke-74 RI ini saya berharap semoga kalian semua dapat lebih meningkatkan lagi jiwa patriotism dan nasionalisme kepada tanah air tercinta, dan lebih meningkatkan semangat untuk belajar lebih maju lagi agar kalian bisa menjadi generasi yang membuat Negara tercinta kita ini bangga dan berjaya,” paparnya.
Usai upacara Dra. Wiji Eny Ngudi Rahayu,M.Pd Foto Bersama Tim Paskibra SMA Negeri 4
Semarang. Foto : M. Taufiq.Sapta

Eny menekankan bahwa semangat nasionalisme itu sangatlah penting apalagi di kalangan pelajar seperti kalian semua karena jiwa nasionalisme dapat membentuk kesadaran dan kesetiaan terhadap bangsa dan Negara tanpa memandang suku, ras dan agama. Dengan adanya nasionalisme kita dapat menjalin kerukunan antar sesame sehingga pembangunan Negara ini dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan bersama.

“ Bung Karno,bung Hatta dan para perintis kemerdekaan saat itu adalah anak anak muda terdidik, mereka mengenakan keterdidikannya untuk mendorong kemajuan bangsa. Kalian anak anak muda juga, kalian terdidik juga dan kalian juga punya kesempatan yang sama untuk meneruskan sejarah di republic ini,” tandasnya.

Belajarlah dengan dengan keras, tuntas dan sepenuh hati, Diantara kalian nantinya akan menjadi guru,sastrawan,budayawab, wartawan, pengusaha, dosen, musisi, dokter, insinyur,hakim,politisi,guberbur, menteri bahkan presiden atau peran peran yang lain, yang mungkin hari ini belum terbayangkan dan bahkan belum ada. Semua itu di mulai dengan kerja keras di hari hari ini, dari bangku kelas ini dan dari kerja tuntas di sekolah ini.

Harap kalian tengok perjuangan gemilang menuju kemerdekaan 1945. dan perjalanan republic selama 74 tahun ini kalian ambil hikmah dari sejarah lalu tugas kalian berikutnya adalah membuat sejarah. Kalian pemilik masa depan jangan menunggu tapi tempalah kepriadianmu, kembangkan prestasimu,jalin persahabatan dengan teman temanmu hormatilah orang tuamu dan gurumu jadikan mereka suluh hidupmu,” tutur eny.

Eny menambahkan, harap dicamkan baik baik saat Indonesia merayakan 74 tahun kemerdekaan maka kalianlah akan memimpin dan mengelola perjalanan bangsa ini. Bawalah Indonesia kita ini ke puncak kecemerlangan. Marilah kita terus bersinergi untuk pendidikan bangsa ini,” pungkasnya.

Usai upacara di lanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada peserta didik SMA Negeri 4 yang berprestasi pada semester 2 ( genap) Tahun Pelajaran 2108/2019 , melalui SK Kepala SMA Negeri 4 Semarang nomor : 420/225/ 2019, memberikan penghargaan kepada peserta didiknya yang meraih prestasi akademik juara 1,2 dan 3 paralel baik untuk kelas X,XI maupun kelas XII MIPA/ IPS.

Penghargaan yang diberikan berupa piagam dan uang pembinaan kepada :

Kelas/program Peminatan Kelas X MIPA:
Juara 1 : Dyah Ayu Asmaraning Nur Azis kelas X mipa 3
Juara 2 : Angelica Calysta Viera kelas X mipa 1
Juara 3 : Michael Natan Syalom kelas X mipa 2
Kelas/ program Peminatan kelas X IPS
Juara 1 : Nabila Novianti kelas X IPS 1
Juara 2 : Zahra Audia Narandra kelas X IPS 1
Juara 3 : Muh. Iqbal Nugraha Putra kelas X IPS 1
Kelas/Program Peminatan Kelas XI MIPA :
Juara 1 : Danandjaya Roesweka kelas XI Mipa 3
Juara 2 : Yolanda Sheilla Cynanthia kelas XI Mipa 1
Juara 3 : Salsabila Dewi Febrianti kelas XI Mipa 7
Kelas/ Program Peminatan IPA Kelas XI IPS :
Juara 1 : Naila Aulia kelas XI IPS 1
Juara 2 : Noelia Yusminanda kelas XI IPS 1
Juara 3 : Maria Angelia Adinda Ayu S kelas XI IPS 1.
Komentar Anda

Berita Terkini