DALAM RANGKA HARI DHARMA KARYA DIKA YANG KE-74 BAPAS GARUT KELAS II GARUT MENGADAKAN BAKTI SOSIAL KHITANAN MASSAL

/ October 24, 2019 / 10/24/2019 08:39:00 PM
DOK : MPW


Garut-Policewatch,-   Kegiatan Bakti Sosial Khitanan Massal di Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Garut Kamis,24 oktober 2019 pukul 06.00 wib s.d 10.00 wib. Diikuti oleh 26 orang anak yang merupakan masyarakat sekitar Bapas Kelas II Garut. 

Acara tersebut d hadiri oleh Camat Banyuresmi, Kapolsek Banyuresmi,Danramil Banyuresmi,Kades  Sukasenang,Kades  Bagendit,Kades Sukaratu.Acara terselenggara berkat kerjasama dengan Tim RSUD Dr. Slamet Garut, Pemda Kabupaten Garut dan Hospital Motor Club. Kegiatan di laksanakan dalam rangka menyemarakkan Hari Dharma Karyadhika (Hari Kementerian Hukum dan HAM ) yang ke-74.

Anak yang telah di Khitan merasa bahagia dengan membawa pulang berupa hadiah, tumpeng,kue dan uang jajan.

Saran dan tindak  lanjut,kegiatan ini berjalan dengan lancar, aman,dan tertib.Kegiatan tersebut merupakan Sinergi yang baik antara Balai Pemasyarakatan Kelas II Garut, perangkat daerah, dan organisasi masyarakat.

Kepala Bapas Kadar Rusmana S.pd.Mpd menuturkan, dalam rangka hari Dharma Karyadhika yang ke 74 Hari Ulang Tahun Hukum dan HAM yang kebetulan rangkaian dari pada itu acara Bhakti Sosial Bapas adalah dengan menyelenggarakan Khitanan Massal, sejumlah 26 orang anak di kawasan Banyuresmi alhamdulillah sudah selesai di Khitan dalam keadaan sehat wal'afiat dan sukses.ini merupakan kiprah Bapas dalam rangka sosialisasi terhadap masyarakat bahwa Bapas itu berkiprah terhadap masyarakat apalagi dalam bantuan kepada ABH.Bahwa Bapas adalah merupakan lembaga Negara yang menyelenggarakan pembuatan Litmas pengawasan Limas pendamping persidangan di Pengadilan.

Ini bagian dari pada Ulang Tahun yang bisa semarak di Hukum dan HAM, ini bakti kita kepada Masyarakat sebagai kontribusi positif membantu dalam tanda kutip orang orang kurang mampu kita mengadakan khitanan Massal. Ini kebetulan yang pertama kali dan insya allah tahun tahun ke depan akan menjadi agenda tahunan.Karena ini menjadikan hal yang sangat luar biasa menurut kami sungguh karena ini berkaitan dengan agama bisa memberikan kontribusi kontribusi terhadap meningkatkan keimanan dan ketakwaan anak menjadi anak yang sholeh anak yang berguna bagi Nusa dan bangsa.

Tentang Bakti sosial bapas,hari jum'at yang lalu Bakti Sosial di Mesjid Al-Qomariah itu kerja bakti dengan DKM menjelang jum'atan, bakti sosial kebersihan di mesjid Al-Qomariah untuk Bakti kiprah kita terhadap masyarakat dengan khitanan Massal. 

Peran Bapas adalah petugas penegak hukum yang bisa membantu keluarga yang ada di dalam setelah ada pengajuan dari Lapas Hutan yang bisa membantu keluarga yang ada di dalam setelah ada pengajuan dari Lapas Rutan untuk di berikan pembinaan,untuk anak ABH itu sesuai dengan UU no 11 tahun 2012, Untuk anak kalau sudah ada terkait dengan hukum kita kedepan kan Diversi musyawarah untuk  bisa bebas dari hukuman musyawarah untuk mufakat antara korban dan pelaku. 

Untuk dewasa kami bekerjasama dengan pihak BLK Kab.Garut, menyelenggarakan pelatihan pelatihan seperti yang sudah kita lakukan sejak awal tahun ini dari bulan maret sampai akhir minggu kemarin.Pertama tentang pembuatan roti dengan 20 orang para Klien warga binaan sudah di didik,terus yang kemarin masih perjalanan, ini penjelasan Pelatihan Listrik,itu pesertanya ada 16 orang.

Kita bekerja sama dengan BLK membuat seperti Rak besi, bikin Gajebo itu lagi dalam proses.Kadar berharap kedepannya Kami ingin terus meningkatkan kemampuan dan keterampilan Warga Binaan Klien untuk menempuh hidup baru di luar pembinaan kita, jadi setelah bebas dari Lapas menjadi baik dan taat hukum, pungkas nya. (Dewi Kania - Usep Ks)-Dewi)
Komentar Anda

Berita Terkini