3 CARA MENGENALI DIRI SENDIRI DAN PONDASI UNTUK PENGEMBANGAN DIRI

/ 28 Januari 2020 / 1/28/2020 11:34:00 PM


Tenor Amin Sutanto
(Wakil Pimpinan Redaksi Media Policewatch)


Red, policewatch,-   Mengenali Diri Sendiri – Banyak orang berpikir dan selalu beranggapan bahwa mengenal lebih banyak orang akan memberikan peluang untuk membuka jaringan yang lebih luas.
Namun terkadang lupa mengenali diri sendiri sehingga potensi maupun kelemahan tidak teridentifikasi dengan baik.

Akhirnya apa yang menjadi kekuatan sulit di maksimalkan dan terkesan tertutupi.

Terkadang kita terlalu sibuk untuk bergaul dan mencari serta mengenal sebanyak-banyaknya orang disekitar kita.Kita pun disibukan dengan mencari-cari kelemahan orang lain akan tetapi lupa pada diri sendiri akhirnya yang terjadi justru tidak mengenali diri sendiri bahkah tidak menjadi diri sendiri.

Belajar Mengakui Kelemahan tidak membuat kita menjadi lemah dihadapan orang lain, dan dari sinilah kemampuan kita akan semakin terasah.

Ada banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk mulai mengenali diri sendiri, serta dapat menjadi diri sendiri baik dari pemikiran perasaan maupun tindakan.Banyak sekali keuntungan yang akan kita dapatkan bila kita menjadi diri sendiri, sedangkan bila kita selalu meniru orang lain yang mungkin lebih sukses, kita akan kehilangan jati diri serta memiliki kecendrungan untuk menjadi peniru/plagiat.

Kenali Diri Sendiri
Berikut  ini adalah 3 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengenali diri sendiri, diantaranya:

1, Kenali Diri Sendiri Melalui Visualisasi dan Indra Penglihatan
 - Cara paling mudah melalui metode visualisasi, perhatikan apa yang kita lihat dan sering kita jumpai.Bila kita merasakan getaran/vibrasi yang cocok dan sesuai dan kita cenderung merasa nyaman pasti disitulah kegemaran kita.Gambaran melalui pandangan mata kita adalah alat paling canggih untuk mendeteksi keinginan kita, bahkan lebih canggih dari alat manapun.

Sebagai contoh, ketika kita melihat seseorang sedang memainkan alat musik gitar sambil bernyanyi.Kita merasakan ikut dalam alunan musik serta lagunya, bahkan kita sesekali ikut bernyanyi dan menikmati lagunya.Sesunggunya kondisi ini sedang menunjukan kepada kita bahwa kita senang dengan musik dan cara untuk mewujudkannya adalah mendengarkan musik.

2, Kenali Diri Sendiri Melalui Perasaan
  -  Alat pendeteksi tercanggih yang telah diciptakan Tuhan untuk manusia adalah perasaan.Perasaan yang kita miliki tidak dapat digantikan dengan alat tercanggih sekalipun didunia ini, untuk alasan inilah manusia diciptakan dengan memiliki perasaan.

Perasaan inilah yang dapat menggambarkan diri kita, apakah kita memiliki perasaan halus, sensitif atau justru sebaliknya.

Sebagai contoh, bila kita melihat seseorang sedang bekerja keras untuk membangun bisnis agar masa depannya tidak melarat.Melihatnya sukses membangun bisnis kita cenderung ingin menjadi sepertinya, yaitu sukses membangun bisnis.Inspirasi darinya yang menjadi pendorong bagi kita untuk lebih giat dan tekun.

 Disini perasaan kita sedang bekerja, sehingga kita termotivasi.

3, Kenali Diri Sendiri Melalui Pikiran
  - Pikiran memiliki kekuatan dasyat yang dapat mengubah apapun. Untuk alasan inilah banyak
motivator mengatakan bahwa kunci dari kesuksesan adalah pikiran.

TheSecret Power Of The Think,   kira-kira seperti inilah gambaran kekuatan pikiran kita yang penuh dengan rahasia dan misteri.

Cara mendeteksinya adalah dengan pola pikir kita, pembentukan pola pikir (mindset) melalui proses
yang tidak instant dan cenderung memerlukan pengorbanan, Kenali pikiran-pikiran Anda dengan cara melatihnya terus menerus, jangan biarkan ia menjadi kerdil, Cara melatihnya adalah dengan mengisinya dengan informasi yang baik dan bermanfaat.

Penting bagi kita untuk mengenal diri kita sendiri karena itu merupakan pondasi terkuat untuk Pengembangan Diri.

Kenali pula diri kita dari kelemahan maupun kekuatan agar kita dapat memaksimalkan potensi yang kita miliki dan dapat mengelola kelamahan menjadi kekuatan,  Apabila kita berhasil mengenali diri sendiri maka besar kemungkinan kita akan mampu menguasai serta mengendalikan diri.

Ingatlah selalu bahwa Orang yang Menghalangi Kita Adalah Diri Kita Sendiri, jadi kalahkan musuh terbesar dalam diri kita untuk mencapai sukses.

Salam Sukses Selalu 
By : Tenor Amin Sutanto
Komentar Anda

Berita Terkini