INOVASI PENGADAAN AIR BERSIH DESA CIEURIH PATUT DI APRESIASI DAN DIJADIKAN CONTOH

/ 22 Januari 2020 / 1/22/2020 10:25:00 AM
 KENDA kepala desa Cieurih

Majalengka Policewatch,- Desa Cieurih kecamatan Maja kabupaten Majalengka kini sedang menyelesaikan program dana desa tahap ke 3 .

Program pembangunan yang dilaksanakan pada tahap ke 3 diantaranya JUT ( jalan usaha tani ) di 2 blok yaitu blok Cikurili dan sawah bengkok serta program pengadaan air bersih .


Kepala desa Cieurih Kenda ketika ditemui dikantornya selasa ( 21/01/2020 ) , mengatakan pentingnya peningkatan jalan usaha tani agar pengangkutan hasil pertanian bisa lebih cepat dan efisien sehingga bisa menghemat waktu , tenaga dan biaya , " mengingat warga saya sebagian besarnya adalah petani , maka peningkatan sarana penunjang bagi pertanian adalah hal yang sangat penting , " ujarnya.

Kenda juga menambahkan , didesanya sulit akan sumber air bersih , maka dirinya mencoba berinovasi memanfaatkan aliran sungai cideres untuk pengadaan air bersih yang ia dapatkan dari hasil studi banding dari kabupaten tetangga dan dalam pelaksanaan pembangunannya ia berkoordinasi dengan tim tehknis dari Universitas Majalengka Yang menarik dari program pengadaan air bersih ini yaitu memakai pompa Hidram yang pengoperasiannya tanpa menggunakan mesin dan bahan bakar / listrik , sehingga akan bisa menghemat dalam segi biaya operasionalnya ,


" pompa Hidram yang kami pakai memakai tenaga air dari sungai cideres pak , dengan cara ditampung lalu dialiri ke pompa dan pompa akan bekerja dengan sendirinya, dengan begitu akan menghemat biaya oprasional " , ujarnya.


Lebih lanjut demi memenuhi rasa penasaran , awak media terus menanyakan bagaimana cara kerja pompa tersebut sehingga bisa tanpa mesin dan listrik / bahan bakar ,

" air dari sungai cideres ditampung ke bak penampungan dengan jarak kurang lebih 5 meter diatas pompa lalu air tersebut dialirkan ke pompa dan secara otomatis pompa akan bekerja lalu mendorong air yang memakai paralon ukuran 2 inch ke bak penampungan yang berukuran 2 x 3 meter dengan posisi bak  84 meter diatas pompa , barulah air di bak penampungan trsebut dialirkan ke rumah para warga , tapi harus melalui proses filterisasi dulu agar bisa layak dipakai ", ujarnya .


Namun program pengadaan air bersih dengan anggaran Rp 130.000.000 ini baru sampai tahap mengalirkan air ke bak penampungan saja dengan rincian 2 pompa dan 2 bak penampungan dan belum sampai pada tahap mengalirkan air ke rumah para warganya mengingat air yang dihasilkan dari sungai cideres tersebut belum layak untuk di pakai , namun harus melalui proses filterisasi dulu , kecuali untuk kebutuhan pertanian tinggal mengalirkan saja , tambahnya lagi  . Volume debit air yang dihasilkan dari anggaran tersebut juga belum dapat memenuhi kebutuhan bagi seluruh warganya .

Ke depannya apabila ada dukungan dari dinas terkait maka ia akan menambahkan kapasitas bak penampungan agar bisa memenuhi kebutuhan warganya akan air bersih di 3 blok yang berjumlah sekitar 700 rumah serta kebutuhan pengairan pertanian.

Sebelum air dari bak penampungan dialirkan ke rumah warga Kenda akan berkonsultasi kepada dinas terkait perihal bagaimana caranya mengubah air kotor agar layak pakai untuk kebutuhan warganya.
" kedepannya saya akan berkonsultasi dan mengajukan proposal kepada Kemendes serta dinas terkait agar program yang sedang kami jalankan ini lebih tepat guna dan bermanfaat bagi warga desa Cieurih khususnya dan kecamatan Maja umumnya " , Kenda juga berharap agar dinas terkait dapat membantu mewujudkan rencana pengadaan air bersih ini agar bisa bermanfaat bagi wilayah disekitarnya .ADV


Pewarta : ( DR, Y2 )


Komentar Anda

Berita Terkini