Jembatan Sokan Ambruk, Kontraktor Harus Tanggung Jawab

/ 9 Januari 2020 / 1/09/2020 01:40:00 PM

dok : policewatch


MELAWI,Sokan,POLICEWATCH  -Kepala Dinas PUPR Melawi, Makarius Horong mengatakan instansinya sudah mengirim staf dan PPTK untuk memantau langsung jembatan gantung yang ambruk di Kecamatan Sokan. PPTK dan konsultan turun ke lapangan bersama Kejari Sintang.

“Masa pemeliharaan jembatan ini kan sampai bulan enam (2020). Jadi karena ambruk di masa pemeliharaan, proyek ini masih jadi tanggung jawab pihak pelaksana. Pihak pelaksana pun katanya siap bertanggung jawab,” paparnya Minggu (5/1).

Horong melanjutkan, tidak ada persoalan dalam perencanaan jembatan gantung tersebut. Penyebab ambruknya jembatan juga masih diteliti oleh dinas PUPR. Dugaan sementara memang ada kesalahan teknis dalam pelaksanaan pembangunan jembatan tersebut. Ia menyebut salah satunya terkait lubang baut jembatan yang lebih besar dari bautnya

“Karenanya sekarang kontraktor yang mengerjakan jembatan sedang membongkar material jembatan ini. Jadi harus dibangun ulang jembatan karena dalam masa pemeliharaan,” katanya.

Hanya, papar Horong, belum ada laporan tertulis soal penyebab ambruknya jembatan. Pihak pelaksana pun diketahui sudah mulai kembali bekerja.

“Untuk termin pembayaran kan ada termin 5 persen untuk pemeliharaan. Bila ambruk atau hancur itu jadi resiko dia. Untung pelaksana setidaknya dia paham hukum,” pungkasnya. 

(TD.Team) 

Komentar Anda

Berita Terkini