POLICEWATCH

Bersama Beberapa Elemen masyarakat FPKJ mendatangi DPRD Samarinda Terkait Musibah Gunung Manggah

/ Rabu, 05 Februari 2020 / 08.34



Samarinda , POLICEWATCH,-  Kelompok masyarakat yang tergabung dalam forum pemerhati keselamatan jalan[FKPJ],TRC PPA Kaltim,keluarga korban kecelakaan di gunung manggah dan beberapa tokoh masyarakat menggelar hearing dengan DPRD Samarinda pada selasa 4/2/2020.

Rapat dengar pendapat itu dilakukan menanggapi musibah kecelakaan maut yang terjadi pada kamis[30/1/2020]pekan lalu di gunung manggah,jalan otto Iskandar dinata,kecamatan Samarinda ilir yang menewaskan empat orang pengendara motor, Rapat ini dipimpin oleh Ketua DPRD kota Samarinda,Bapak Siswadi.

Pada kesempatan itu Anas Saifuddin (korlap) meminta pembatasan waktu kendaraan roda enam keatas untuk tidak melintas didaerah tersebut.


Tuntutan ke pemerintah yang lain adalah segera dilakukan penertiban penjual kayu yang berada di bahu kanan kiri jalan' Karena sering adanya kegiatan bongkar muat kayu akan menutup pandangan bila ada mobil besar lewat dari arah berlawanan.

Ahmad Vanandza,S.Sos selaku anggota DPRD kota Samarinda dapil Samarinda Ilir menambahkan, kepada dinas terkait,khususnya dinas perhubungan untuk betul-betul melakukan uji kendaraan[KIR] guna memastikan kendaraan layak jalan, Selain itu etika berkendara para sopir juga perlu diperhatikan demi keselamatan masyarakat.

Rina Zainun,ketua TRC PPA korwil kaltim meminta ke pemerintah untuk memperhatikan kepentingan anak-anak dan pejalan kaki,  karena disana tidak ada fasilitas trotoar tersebut.

Hasil rapat dengar pendapat memutuskan bahwa,solusi untuk jangka pendek yakni,DPRD meminta ke Pemkot untuk menertibkan pedagang kayu bekas yang ada di kanan kiri jalan.
Meminta kepada dinas perhubungan untuk menempatkan personelnya ditanjakangunung manggah,untuk menjaga agar  kendaraan besar tidak melintas di jam-jam sibuk.

Untuk jangka menengah,ketua DPRD kota Samarinda meminta ke PUPR supaya mengusulkan di anggaran perubahan untuk membangun pembatas kanan kiri jalan dari besi.

Untuk jangka panjang,DPRD bersama pemerintah kota Samarinda supaya diusulkan Bantuan Keuangan Propinsiuntuk pembangunan [solusinya belum ditentukan] agar jalan lebih baikdan aman.

Reporter  :  Ira /Rina

Komentar Anda

Berita Terkini