RIBUAN BURUH DI JABABEKA TURUN KE JALAN TOLAK RUU OMNIBUS LAW

/ 17 Maret 2020 / 3/17/2020 01:13:00 PM

Breaking news 




JABABEKA, Bekasi POLICEWATCH,-  Ribuan Buruh Bekasi bergerak kluar dari pabrik pabrik memenuhi jalan jalan dikawasan MM2100, kawasan hyundai, kawasan ejip, kawasan Deltamas, kawasan jababeka, dan sekitarnya , Cikarang 17 maret 2020 

Semua bergerak Turun kejalan untuk menolak RUU Omnibus Law (cipta lapangan kerja) , Beberapa mobil komando terus bergerak menuju pemda Kab Bekasi, Terlihat diatas mobil komando FSPMI,  M nurfahrozi, amier mahfouzh, suparno, dan beberapa orang lainnya 


aksi turun ke jalan ini adalah respons terhadap rencana pemerintah yang ingin mengesahkan RUU Cipta Kerja. Menurutnya RUU Cipta Kerja akan menghilangkan hak-hak para pekerja yang sebelumnya tertuang dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan

Aksi damai buruh meminta pemerintah batalkan RUU OMNIBUS LAW , Mereka meminta Presiden Joko Widodo agar segera mencabut kembali draft RUU Omnibus Law Cipta Kerja yang telah diserahkan ke DPR karena itu terbukti meresahkan rakyat,terutama para  Buruh" 

 isi RUU Cipta Kerja itu bertentangan dengan UUD 1945. Ia pun membeberkan beberapa ketentuan hukum dalam RUU tersebut yang akan merugikan buruh.

RUU Cipta Kerja akan memberlakukan upah tunggal. Upah minimum provinsi (UMP) Jawa Barat , Kemudian upah khusus padat karya bisa di bawah UMP dengan alasan demi keberlangsungan usaha."Bahkan akan berlaku upah per jam terkait dengan jam kerja fleksibel yang tidak memiliki hubungan kerja untuk melindungi buruh,"


Lewat RUU Cipta Kerja ini status kerja kontrak dan outsourcing bakal berlaku seumur hidup. Di sisi lain ketentuan Pasal 59 UU Ketenagakerjaan dihapus, sehingga hak pesangon akan hilang dengan sendirinya.

ketentuan di dalam RUU Cipta Kerja ini turut memudahkan pengusaha untuk melakukan PHK terhadap para buruh lantaran penghapusan Pasal 151 UU Ketenagakerjaan.

Selain itu, RUU Cipta Kerja menghapus pemberian cuti haid dan melahirkan. Kelima, sanksi pidana bagi pelaku usaha nakal yang melanggar norma juga dihapus.Tenaga kerja asing akan mudah masuk di semua level dan di semua sektor usaha," tutur salah satu koordinator  demo kali ini.


Pewarta : Jefry.


Komentar Anda

Berita Terkini