Diguyur Hujan Deras, 4 Kecamatan di Garut Terendam Banjir

/ 8 April 2020 / 4/08/2020 10:59:00 PM


Garut - POLICEWATCH.NEWS,- Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Garut, Jawa Barat, sejak Selasa (7/4/2020) sore, membuat air sungai meluap sehingga mengakibatkan banjir di sejumlah kecamatan. Permukiman warga terendam banjir.

Berdasarkan informasi yang dihimpun MPW, banjir terjadi di Kecamatan Banjarwangi, Cikajang, Cisurupan hingga Kecamatan Tarogong Kidul.

Di Kecamatan Cikajang, banjir dari luapan Sungai Cimanuk merendam sejumlah rumah penduduk. Informasi yang dihimpun, sebuah Pesantren juga ikut terendam. Ketinggian air di sana kabarnya sempat mencapai lebih dari satu meter.

"Banjir hingga saat ini masih terjadi. Beberapa jam lalu, air sempat mencapai ketinggian 170 sentimeter. Sekarang sudah mulai surut dan ketinggiannya sekitar 20 sentimeter. Ada rumah warga serta Pesantren Persis yang terendam," ucap Kapolsek Cikajang AKP Amat Rahmat saat dikonfirmasi.

Selain di Cikajang, banjir juga dikabarkan terjadi di Kecamatan Banjarwangi, Cisurupan dan Tarogong Kidul. Di Tarogong Kidul, luapan Sungai Cimanuk merendam puluhan rumah warga yang terletak di Kampung Cimacan, Desa Haurpanggung.

Ketinggian air dikabarkan sempat mencapai satu meter dan masuk ke rumah-rumah penduduk. Padahal, lokasi rumah warga saat ini berada cukup jauh dari bibir sungai setelah direlokasi pasca banjir bandang 2016.

Hingga saat ini, petugas gabungan Pemda dibantu TNI-Polri sedang berada di lokasi dan melakukan pengamanan. "Kami masih melakukan evaluasi. Sementara untuk jumlah rumah yang terendam dan laporan korban belum dilakukan pendataan," ucap Kabid Darlog BPBD Garut Iman Rido.(Dera taopik)
Komentar Anda

Berita Terkini