WARGA PASIRSARI DESA PATROLSARI DAMBAKAN AIR BERSIH

/ 14 April 2020 / 4/14/2020 11:32:00 PM
DOK : MPW

Kab. Bandung, Police Watch, -  Kampung Pasirsari khususnya Rw, 07 dengan jumlah njiwa sekitar 400 orang masuk dalam mlingkup wilayah desa Patrolsari Kecamatan, Arjasari mendambakan air bersih.

Daerah Pasirsari merupakan daerah tebing terjal sehingga warga Pasirsari kesulitan mendapatkan air
bersih baik untuk minum maupun untuk lebutuhan sehari-hari,

Menurut Ayi (50) tokoh masyarakat Pasirsari menjelaskan “ Warga disini kesulitan akses air bersih sehingga mencoba untuk membuat sumur sampai kedalaman 15 meter – 20 meter tapi itu termasuk penggalian dangkal hanya dapat menarik tiga ember kecil mana cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga apalagi dimusim kemarau ini, warga Pasirsari ini mengandalkan mata air Ciendog yang lokasinya lumayan jauh dibawah”, kata Ayi pada MPW, 13/04/20

Diselangi oleh BPD Patrolsari, Dadang Dewan yang mengatakan bahwa Ciendog merupakan mata air yang terus ‘mengocor’ walau di musim kemarau sekalipun.

Sehingga mata air Ciendog dipakai bukan Hanya Kp Pasirsari saja namun beberapa rw pun mengambil air kesini. 

Mata air Ciendog menjadi andalan kebutuhan air bersih warga Pasirsari dan sekitarnya. Padahal debit
airnya sangat minim hanya sejari tangan orang dewasa saja yang mengalir dari mata
air Ciendog. 

Tentu saja sangat tidak sepadan dengan kebutuhan diatas 500 jiwa. Hal ini menjadi perhatian Kades Patrolsari, Agus Supriadi yang mengatakan “ Mata Air Ciendog harus dipelihara kalau bisa diperbesar karena menjadi hajat hidup orang banyak.

Namun terkendala dengan lokasinya yang jauh dibawah. Membuat warga bersusah payah kebawah dan membawanya keatas untuk keperluan air bersih. Salah satu solusinya yaitu membuat sumur artesis ditengah lingkungan kampung Pasirsari namun terkendala dengan biaya tak mungkin dianggarkan dari dana desa karena pembuatan sumur artesis membutuhkan dana diatas 500 juta rupiah.” Jelas Kades Patrolsari pada wartawan .

Segala daya upaya telah dilakukan oleh Tokoh Masyarakat, BPD dan Kades Patrolsari melalui pengajuan proposal ke berbagai Institusi dan Partai Politik ataupun ke Investor namun sampai sekarang belum ada realisasinya . Dalam moment Pilkada ini, Ayi berikrar

“Siapapun Bupatinya atau apapun partainya, kalaupun ada partai kalajengking pun warga disini siap sepenuh hati mendukung .” Ujar Ayi sekaligus berharap, memungkas wawancaranya dengan Media Police Watch.(GUNAWAN)
Komentar Anda

Berita Terkini