Lemah pengawasan, proyek bangunan Sekolah SMUN 1 sumberjaya Abaikan UU keterbukaan informasi publik

/ Tuesday, July 7, 2020 / 1:11 PM

Majalengka, Policewatch,-Di duga kuat akibat lemah nya pengawasan dari dinas pendidikan baik itu provinsi dan kantor cabang dinas pendidikan di daerah, sejumlah sekolah menengah Umum di kabupaten Majalengka yang mendapat bantuan RKB (ruang kelas baru) dan rehab tidak terbuka dengan anggaran yang turun.
Hal ini di buktikan ketika tim policewatch.news mengunjungi SMUN 1 sumber jaya pada senin,(6/7/2020) yang mendapat bantuan 2 lokal  RKB (ruang kelas baru) dan juga rehab ruangan kelas, namun hasil pengamatan policewatch.news tidak menemukan papan informasi kegiatan pembangunan tersebut.

Hal ini di konfirmasi kepada kepala sekolah SMUN 1 sumberjaya, Dede solihin Spd,Mpd pada hari itu juga, aneh nya beliau menjawab dengan nada sepele ketika di tanya perihal papan proyek dan juga nilai jumlah anggaran

" lagi di buat besok juga beres pak papan proyek nya karena ini baru di mulai, terkait nilai anggaran saya tidak tahu lupa lagi" jawab Dede

informasi yang di terima oleh policewatch bahwa anggaran untuk pengerjaan RKB dan rehab tersebut belum turun dan sejumlah sekolah memulai pembangunan dengan dana talang.

ini di perkuat dengan pernyataan dede solihin bahwa menggunakan dana talang tersebut juga intruksi dari dinas pendidikan provinsi.

Aturan keterbukaan informasi sudah jelas tertera dalam UU No. 14 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Selain UU KIP, ada beberapa aturan lain yang mempertegas tentang transparansi pelaksanaan program pemerintah.

Adapun secara teknis, aturan tentang pemasangan papan pengumuman proyek biasanya diatur lebih detail oleh masing-masing provinsi. Berarti jika di lapangan terdapat sebuah proyek yang tidak menyertakan papan pengumuman proyek, sudah jelas menabrak aturan. Bahkan patut dicurigai proyek tersebut tidak dilaksanakan sesuai prosedur sejak awal.

Tim policewatch majalengka
Komentar Anda

Berita Terkini