Dongkrak Produksi Pertanian, P3A sanghiang rahayu Desa bantrangsana Bangun Irigasi

/ 27 September 2020 / 9/27/2020 08:50:00 AM

                                                                     

dok.mpw pekerjaan irigasi tersier P3A
 sanghiang rahayu, desa bantrangsana

                                        

Majalengka, POLICEWATCH,- Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) merupakan wadah bagi para petani pemakai air yang bersifat sosial, ekonomi, budaya dan berwawasan lingkungan.

P3A  sanghiang rahayu Desa bantrangsana Kec.panyingkiran Kabupaten majalengka, mendapatkan kucuran anggaran sebesar Rp 190 juta untuk membangun saluran irigasi.

Disampaikan Ketua Pelaksana P3A Desa bantrangsana, nono  juga mengatakan irigasi berfungsi untuk mengairi lahan pertanian termasuk sawah.

“Saluran irigasi dibangun di D.I. Rentag adapun kontrak kerja selama 60 hari dengan melibatkan pekerja 16 orang, untuk tukang 6 orang dan pembantu 10 orang,” terang nono.

Pembangunan irigasi yang dilaksanakan oleh P3A desa bantrangsana yaitu kelompok sanghiang rahayu, menurutnya kegiatan tersebut sesuai dengan rencana pembangunan.

“Karena, ini menyangkut hajat hidup orang banyak dan peningkatan hasil produksi pertanian,” ujarnya.

nono mengatakan, realisasi pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat akan di upayakan dilaksanakan dengan baik.

P3A sendiri adalah satu program infrastruktur berbasis masyarakat dari Kementerian PDikatakan ,dalam program tersebut masyarakat dilibatkan melalui pembangunan irigasi kecil dengan melibatkan langsung Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A).

                                                                    

doc.mpw lokasi pekerjaan 

Tujuannya, untuk menumbuhkan partisipasi petani dalam perbaikan dan peningkatan jaringan irigasi berdasarkan kebutuhan masyarakat.

“Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat petani dalam kegiatan perbaikan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi. Sesuai dengan kebutuhan dan berdasarkan prinsip kemandirian dan untuk mengembalikan kondisi dan fungsi saluran serta bangunan irigasi,” tambah nono

Secara pribadi, dia selaku Ketua P3A sanghiang rahayu dan mewakili petani di desa bantrangsana mengucapkan terima kasih kepada pemerintah telah menberikan bantuan  program P3A melalui kementrian pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan BBWS sungai citarum

“Insya Allah kita kerjakan dengan sebaik-baiknya,” pungkas nono


pewarta : (RS) 


Komentar Anda

Berita Terkini