Intensitas Hujan Tinggi, Sejumlah Wilayah di Kota Bangil Terendam Banjir

/ 3 Februari 2021 / 2/03/2021 08:55:00 PM


POLICEWATCH.NEWS, PASURUAN - Banjir kembali melanda sejumlah daerah di Kabupaten Pasuruan menyusul meningkatnya intensitas hujan dalam sepekan terakhir.

Di Kota Bangil, genangan air merendam kawasan pemukiman Kelurahan Kalianyar. Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan, di ketahui pemukiman ini sering jadi langganan banjir tiap kali turun hujan deras, meski belum lama ini sungai Kalianyar di normalisasi BBWS Sungai Berantas.

Sudar (45), salah seorang warga mengatakan, hingga pukul 18.30 WIB ketinggian genangan mencapai 1 meter

Sumber air berasal dari air kiriman dari kota Pandaan


"Sekarang ketinggiannya tambah besar hingga setinggi dada orang dewasa," ujar Sudar saat dihubungi Media Policewatch.News melalui sambungan telepon, Rabu (03/02/2021).

Selain intensitas hujan yang meningkat, kondisi wilayah yang berada dielevasi rendah membuat daerahnya jadi langganan banjir.

"Berhubung wilayah saya dataran rendah jadi pasti kena dampak banjir. Memang sudah langganan sih. Hampir setahun sekali kena banjir meski sungai dekat rumah kami baru di normalisasi. Bulan ini sudah sekitar empat kali banjir, tapi ini termasuk besar," tuturnya.

Dia mengaku, biasanya air baru bisa surut besok siang bahkan bisa berhari-hari.

"Sekarang masih tinggi, biasanya besok siang atau sore baru surut. Jadi warga sini biasa begadang antisipasi jika airnya terus naik," kata dia.

Dari pantauan awak media banjir kali ini tidak hanya menggenangi wilayah Kalianyar Bangil tapi juga melanda di beberapa tempat yang lebih tinggi seperti Kelurahan Kalirejo Kecamatan Bangil, banjir setinggi lutut orang dewasa, Desa Manaruwi yang biasanya tidak pernah banjir saat turun hujan kini tak luput dari luapan banjir, begitu juga Desa Pesanggrahan tak luput dari banjir, di ketahui banjir kali ini di sebabkan sungai sepanjang Kedunglarangan tak muat menampung debit air yang tinggi. (dor)

Komentar Anda

Berita Terkini