Pengadaan BOS Afkin Tingkat Sekolah Dasar, Diduga Sarat Monopoli

/ 24 Maret 2021 / 3/24/2021 10:01:00 AM

 



Sukabumi,  POLICEWATCH,- Berdasarkan informasi dan keterangan dari berbagai sumber yang dihimpun serta hasil investigasi di lapangan, " Pengadaan Bos Afirmasi Kinerja (Afkin) tingkat Sekolah Dasar (SD) tahun 2020, diduga adanya monopoli oleh satu perusahaan penyedia. 

Menurut salah seorang sumber saat dimintai keterangan, mengatakan," Pengadaan alat pendidikan BOS Afirmasi Kinerja (Afkin) tingkat Sekolah Dasar hampir 70 % dilaksanakan oleh salah satu perusahaan  (pelapak) dengan inisial CV. PNM, dan diduga sebelumnya sudah dikondisikan oleh oknum operator di dinas pendidikan Kab. 

" Untuk pengadaan BOS Afirmasi Kinerja  tingkat Sekolah Dasar (SD) di wilayah Kabupaten Sukabumi, hampir 70 %, oleh salah satu perusahaan, yang diduga sudah dikondisikan oleh pihak dinas," ujar salah seorang sumber saat dimintai keterangannya beberapa waktu lalu. 

Lanjut ia mengatakan, namun saat pendistribusian / pengiriman dengan batas waktu yang sudah ditentukan dan disepakati oleh kedua belah pihak, perusahaan penyedia /Pelapak tidak dapat memenuhi kebutuhan barang yang di pesan oleh pihak sekolah. Bahkan sampai terjadi adanya pengalihan barang yang di distribusikan oleh perusahaan / pelapak lain.

" Padahal sebelumnya pihak sekolah sudah melakukan transaksi pembayaran sesuai kebutuhan barang pesanan ke rekening pelapak CV. PNM," ucapnya, 

Menurutnya, "Hal ini, tentu akan berdampak terhadap pembuatan laporan administrasi pengelolaan dana BOS Afkin, bahkan patut diduga di manipulasi oleh pihak sekolah," tandasnya.

Hal itu, dibenarkan oleh K3S Kecamatan Surade, saat dimintai keterangan lewat telepon celulernya mengatakan, " Untuk kecamatan Surade ada beberapa sekolah yang belum menerima barang sesuai pesanan dari pelapak, adapun kekurangan barang yaitu jenis laptop.

" Kalau tidak salah ada beberapa sekolah belum menerima barang sesuai pesanan dari pelapak, " ujar Apih sapaan karib K3S Kecamatan Surade. Jum'at (19/03/21).

Lanjut Apih mengungkapkan, " Ketika dikonfirmasikan kepada pelapak melalui whatsApp dan telepon celulernya, namun pihak perusahaan penyedia tidak menanggapinya. Lalu atas saran dari pihak dinas,  untuk pengadaan laptop dialihkan ke perusahaan penyedia /pelapak lain. 

" Ada beberapa sekolah yang tidak menerima  barang sesuai pesanan yaitu jenis laptop, namun saat hendak dikonfirmasikan ke perushaan peyedia / pelapak melalui telelpon celuller dan pesan whatsAp tidak menanggapinya, " pungkasnya. 

Selanjutnya, ketika hal ini dikonfirmasikan kepada pelapak melalui pesan singkat whatsApp, namun pihak perusahaan penyedia  dengan inisial CV. PNM ini, tidak memberikan tanggapannya. (Ludy/Yosef)

Komentar Anda

Berita Terkini