Rumah Sakit Umun Daerah Muara Enim Nyaris Terbakar

/ 17 Maret 2021 / 3/17/2021 09:26:00 PM







Muara enim policewatch News- Pelayanan RSUD H M Rabain Muara Enim mendadak heboh. Pasalnya, Gendung Lantai II RSUD HM Rabain nyaris terbakar. Meski api tidak sempat meluas membakar gedung tersebut.

Diketahui kejadian kebakaran ini bersumber dari salah satu panel listrik yang berada di lantai II yang terjadi pada Rabu (17/03/2021) sekitar kurang lebih pukul 10.00 pagi tadi.

Akibat kebakaran tersebut, sebagian pasien, keluarga pasien dan perawat yang berada di Lantai II kocar kacir berhamburan ke luar RSUD HM Rabain Muara Enim, guna menghindari kebakaran yang terjadi.

Wakil Direktur Administrasi RSUD HM Rabain Muara Enim Yusrizal mengatakan, saat ia sedang rapat tiba-tiba ada informasi asap keluar dari pintu-pintu. Diduga dari salah satu panel listrik penyebabnya.

"Kita meminta bantu pada pihak PLN, untuk segera mengatasi permasalahan ini. Agar pasien yang dievakuasi keluar RS yang ada diluar bisa kembali masuk ke RS," harapnya.

Untuk jumlah pasien, kata Yuzrizal yang terpaksa dievakuasi keluar RS, belum didata secara pasti berapa jumlahnya. Namun, diperkirakan ada sekitar puluhan pasien yang sedang dirawat.

"Jumlah pasien ada puluhan orang bersama pihak keluarga yang mendampingi," ucapnya.

"Dalam kesempatan itu, Plt Sekda Muara Enim Drs H Emran Tabrani mengatakan, saat ini fokus melakukan pembersihan agar ruangan bisa kembali difungsikan. Dan, kedepan nanti dapat meningkatkan lagi pemeliharaan terhadap jaringan instalasi listrik di rumah sakit, karena sebagian besar kebakaransaat ini diduga disebabkan oleh konsleting listrik.

"Alhmdulillah hanya panel listrik yang terbakar dan tidak sampai ke ruangan lainnya," katanya.

Dijelaskanya, saat ini seluruh pasien sudah dievakuasi dan tidak ada korban jiwa. Atas kejadian ini dapat menjadi pelajaran ke depan, agar pihak rumah sakit harus meningkatkan lagi pemeliharaan jaringan listriknya berupa kabel yang kemungkinan ada yang butuh pemeliharaan.

"Kita sudah  berkoordinasi dengan pihak PLN Muara Enim untuk segera memperbaiki panen yang terbakar dan paling tidak untuk tindakan cepat terhadap blok-blok pasien dekat panel yang terbakar itu bisa diputus arusnya," cetusnya.

Dengan demikian, jalur yang sudah diputus arusnya itu, arus listrik yang lain bisa dihidupkan kembali. Sehingga, pasien bisa dikembalikan ke ruangan rawat inap lagi.

Selain itu, pihak PLN Muara Enim Rizki Putra mengatakan tindakan pertama pihaknya akan langsung ke lokasi mengecek panel yang terbakar tadi dan memutus arus yang mungkin berbahaya yang terbakar bisa karena konsleting listrik. 

Irin mpw. M. E.

Komentar Anda

Berita Terkini