PEMERINTAH DAERAH KOTA SUKABUMI AKAN MEREKRUT RATUSAN PPPK (P3K) PENDIDIKAN DI AKHIR BULAN MEI

/ 27 Mei 2021 / 5/27/2021 06:57:00 PM

 Pewarta: Lukman sandi



SUKABUMI-POLICEWATCH.NEWS-Pemkot Sukabumi akan merekrut ratusan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) yang berasal dari kalangan guru honorer. Jumlah PPPK yang direkrut kira-kira 600 orang, tergantung dari keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).  

Seleksi dan rekrutmen PPPK pendidikan dan CPNS untuk daerah diumumkan pada akhir bulan Mei 2021 nanti.  Di Kota Sukabumi masih banyak tenaga pendidik yang berstatus guru honorer, termasuk di sekolah-sekolah favorit.

“Pengumumannya nanti pada 31 Mei 2021 yang diupload di situs Badan Kepegawaian Negara (BKN). Formasi pegawai yang dibutuhkan akan ditentukan oleh Kemenpan RB,” kata Kabid Kepegawaian pada BKPSDM Kota Sukabumi, Taufik Hidayah ketika dihubungi wartawan via telepon seluler, Kamis (27/5/2021).

Secara rinci Taufik belum mengetahui kejelasan untuk kuota PPPK tenaga pendidik untuk sekolah negeri maupun swasta, jumlahnya kira-kira 600 orang. Tahun ini rekrutmen PPPK oleh Kemenpan RB diprioritaskan untuk guru honorer.

Masyarakat bisa mengetahui informasi lebih lanjut di di website BKN maupun website Pemerintah Kota Sukabumi.  Selain itu akan dipasang pengumuman di Kantor BKPSDM Kota Sukabumi Jalan R. Syamsudin, S.H. Nomor 43 Kota Sukabumi.

Lowongan PPPK tenaga pendidik, ujar Taufik, terbuka untuk  guru honorer yang telah terdaftar pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud Ristek, bukan untuk umum.

Beberapa kriteria kelompok guru honorer yang bisa ikut seleksi PPPK tahun 2021 terdiri dari tenaga honorer guru K2,  guru honorer yang mengajar di sekolah negeri tingkat SD hingga SMP,  guru honorer yang mengajar di sekolah swasta tingkat SD dan SMP, dan guru yang telah lulus PPG (Program Pendidikan lanjutan bagi Guru) yang memiliki sertifikat pendidik walau statusnya belum mengajar. Semuanya   harus telah terdaftar di Dapodik.

Sementara itu Kepala SDN Dewi Sartika CBM (Desa Cibima) Kota Sukabumi, Iwan Setiawan menyambut adanya rekrutmen PPPK tahun 2021. Dia akan mendorong para guru honorer di SDN Desa Cibima untuk ikut seleksi PPPK.  

“Di sekolah kami ada 13 guru honorer yang akan ikut seleksi PPPK tahun 2021. Alhamdulillah mereka semua sudah terdaftar di database Dapodik,” kata Iwan.

Selama ini para guru honorer mendapatkan hak-hak yang hampir sama dengan guru-guru yang telah berstatus PNS. Namun mereka tidak mendapatkan uang jaminan hari tua. Sebagian dari para guru honorer itu telah memiliki sertifikat guru dan ada juga yang telah memiliki Nomor Induk Pendidikan.


Komentar Anda

Berita Terkini